detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 18:02 WIB

Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik Joko

Elmy Tasya Khairally - detikNews
Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik Joko Rumah Joko Santoso yang dilewati api saja dalam kebakaran di Tebet. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)
Jakarta - Kebakaran besar berkobar di permukiman Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (10/7) kemarin. Ratusan rumah hangus. Ajaibnya, kediaman Joko Santoso yang berada di lokasi kebakaran tak ikut hangus seperti rumah di kanan-kirinya. Rumah itu hanya 'dilewati api'.

Joko Santoso (40) adalah warga yang punya rumah di lokasi kebakaran itu, yakni di Jl Swadaya 1, Kelurahan Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan. Terlihat, pada Kamis (11/7/2019), rumah Joko memang tak ikut gosong.


Rumah tetangga Joko tinggal puing-puing, sedangkan cat di bagian depan rumah Joko masih berwarna cerah. Kondisi ruang tamunya juga masih baik, poster kertas dan pigura pun masih menempel di dinding.

Bekas kebakaran di rumah Joko Santoso hanya ada di sebelah kiri. Dindingnya kusam dan meteran listriknya rusak. Bagian atapnya juga terbakar. Namun secara keseluruhan, rumah ini masih cukup baik, tidak habis seperti rumah di kanan-kirinya.

Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik JokoRumah Joko Santoso yang dilewati api saja dalam kebakaran Tebet. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)

Joko Santoso menceritakan peristiwa kebakaran kemarin. Saat itu dia melihat api sudah menjilat-jilat di bagian atas. Tetangga rumah Joko adalah rumah dua lantai.

"Tahu-tahu api sudah dari atas," kata Joko.


Istri Joko bernama Suparni (38) kemudian ke luar rumah. Joko sendiri masih sempat menyelamatkan gas, televisi, dan empat ban mobil. Tiga anaknya juga diselamatkan, tentu saja. Kemudian keluarga Joko lari ke pengungsian dengan hati pasrah.

"Kemarin saya sudah pasrah, palingan juga kena (habis dilalap api). Ternyata tidak habis dilalap api. Alhamdulillah," kata Joko bersyukur.

Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik JokoRumah Joko Santoso yang dilewati api saja dalam kebakaran Tebet. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)

"Subhanallah!" timpal istrinya. "Mukjizat!" kata tetangga yang berada di samping Suparni. Ada sejumlah tetangga yang berbincang soal kondisi rumah Joko ini. Mereka mengaku cukup heran karena rumah tersebut tidak ikut dilalap api yang berkobar hebat.

Bagaimana bisa kobaran api yang membakar rumah tetangganya tak ikut membakar kediaman Joko? "Karena rumah saya nggak ada tingkat dan sebelahnya tingkat semua, jadi rumah saya dilewati api. Yang kena cuma bagian depan sama pintu samping dan jendela," kata Joko.

Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik JokoRumah tetangga persis samping kanan rumah Joko terbakar. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)

Memang sebagian atap depan rumah Joko terbakar. Ada pula atap yang jebol karena kena air pemadam kebakaran, tapi setidaknya tak seluruh bagian rumah Joko habis. Bagian dalamnya masih bisa ditempati, sama sekali tak tersentuh api.

Kebakaran di Jl Swadaya 1, Tebet, ini membakar 150 rumah. Sebanyak 778 warga mengungsi. Tak ada korban jiwa akibat kebakaran kemarin itu.

Warga Sebut Mukjizat, Ratusan Rumah di Tebet Terbakar Kecuali Milik JokoRumah sebelah kiri rumah Joko terbakar habis pada atapnya. (Elmy Tasya Khairally/detikcom)




Simak Video "Bengkel Mobil di Pasar Minggu Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]

(dnu/bar)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com