detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 17:30 WIB

Polisi Setuju Ganjil-Genap Ala Asian Games Dihidupkan Lagi

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Polisi Setuju Ganjil-Genap Ala Asian Games Dihidupkan Lagi Foto: Ganjil Genap (Rifkianto Nugroho).
Jakarta - Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan mengusulkan Gubernur DKI Anies Baswedan menerapkan kembali kebijakan ganjil-genap seperti yang berlaku saat Asian Games 2018 untuk mengurangi kemacetan di Jakarta. Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyambut baik usulan tersebut.

"Kalau memang itu mengurangi kemacetan dan memang sudah diteliti oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kita oke saja," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Argo menyebut pihaknya saat ini tinggal mengikut aturan dari Pemprov DKI Jakarta mengenai aturan ganjil-genap itu.

"Yang punya (kebijakan) kan di sana (Pemprov DKI Jakarta)," tegas Argo.

Diketahui, BPTJ mengusulkan penerapan ganjil-genap ala Asian Games diberlakukan lagi. Hal itu bertujuan untuk mengurangi tingkat kemacetan di DKI Jakarta.


Usulan itu disampaikan BPTJ melalui surat bernomor TJ.102/1/2/BPTJ-2019. Surat tersebut ditanda tangani Kepala BPTJ Bambang Prihartono pada 8 Juli 2109.

"Selanjutnya kami sampaikan bahwa BPTJ telah melakukan evaluasi yang menunjukkan bahwa kinerja lalu lintas saat ini dibandingkan dengan saat penyelenggaraan Asian Games 2018 telah mengalami penurunan sebesar 17 persen dari 36,99 Km/jam menjadi 30,85 Km/jam," demikian petikan surat usulan BPTJ, seperti dilihat detikcom, Selasa (9/7).

Simak Video "Tiga Alasan Ganjil Genap di Jakarta Diperluas"
[Gambas:Video 20detik]

(sam/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com