detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 15:47 WIB

Mantan Ketua KY dan Eks Sekjen PKPI Lolos Seleksi Capim KPK

Andi Saputra, Eva Safitri - detikNews
Mantan Ketua KY dan Eks Sekjen PKPI Lolos Seleksi Capim KPK Suparman Marzuki (ari/detikcom)
Jakarta - Pansel KPK meloloskan 192 nama dalam seleksi administrasi calon pimpinan KPK. Dari nama-nama itu, ada nama mantan Ketua dan Wakil Ketua Komisi Yudisial (KY), Suparman Marzuki dan Imam Anshori Saleh.

Suparman saat ini aktif mengajar di Fakultas Hukum UII Yogyakarta. Suparman juga dipercaya menjadi komisioner KY 2005-2015 bersama Imam Anshori Saleh. Suparman menjadi Ketua KY periode kedua pada 2013-2015.

Adapun untuk Imam Anshori Saleh, hidupnya penuh liku. Lulusan FH UGM itu memulai karir sebagai wartawan dan dilanjutkan menjadi anggota DPR 2004-2009 dari PKB. Setelah itu, ia dipercaya mengawal lembaga yudikatif lewat KY.

Setelah selesai di KY, Imam Anshori Saleh menjadi konsultan hukum. Tidak lama kemudian, ia dipercaya Hendropriyono sebagai Sekjen PKPI. Setelah berganti kepemimpinan ke Diaz Hendropriyono, Imam tidak lagi aktif di struktur harian partai.
Mantan Ketua KY dan Eks Sekjen PKPI Lolos Seleksi Capim KPKImam Anshori Saleh (dok. detikcom)

Saat di KY, duet Suparman Marzuki-Imam Anshori Saleh cukup membuat repot dunia kehakiman. Permainan bidak caturnya cukup membuat kekurangan lembaga peradilan terbuka satu per satu. Salah satu yang menonjol adalah didapati oknum hakim yang tidak menjaga moralitas karena kerap berselingkuh.

"Pendaftar yang dinyatakan lulus administrasi diwajibkan melakukan seleksi berikutnya," kata Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (11/7/2019).


Yenti menyampaikan komposisi kandidat yang lolos adalah laki-laki sebanyak 180 orang dan perempuan sebanyak 12 orang. Sedangkan untuk latar belakang profesi dapat dilihat sebagai berikut:

Akademisi/Dosen: 40 orang
Advokat/Konsultan Hukum: 39 orang
Korporasi: 17 orang
Jaksa/Hakim: 18 orang
TNI: -
Polri: 13 orang
Auditor: 9 orang
Komisioner/Pegawai KPK: 13 orang
Lain-lain (PNS, Pensiunan, Wiraswasta, NGO, Pejabat Negara): 43 orang


Undang Pansel Capim KPK ke DPR, Bamsoet: Jangan Hanya ke Polri-Kejaksaan:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pansel KPK Libatkan Masyarakat untuk Saring Capim KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com