detikNews
Kamis 11 Juli 2019, 08:30 WIB

Laporan Dari Auckland

Dubes Tantowi Buka Tourism Forum di Pacific Expo 2019

Tsarina Maharani - detikNews
Dubes Tantowi Buka Tourism Forum di Pacific Expo 2019 Tantowi Yahya di Pacific Expo 2019. (Tsarina Maharani/detikcom)
Auckland - Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya, membuka diskusi pariwisata atau tourism forum dalam Pacific Exposition 2019. Dalam sambutannya, Tantowi menjelaskan soal gelaran Pacific Expo 2019 yang diinisasi Indonesia dengan dukungan Selandia Baru dan Australia.

Ia mengatakan, saat ini Indonesia masih lebih dikenal sebagai bagian dari negara Asia. Padahal, kata Tantowi, Indonesia juga merupakan bagian negara Pasifik.

"Indonesia sejak dulu merupakan bagian dari Pasifik. Memang banyak yang tidak tahu fakta ini, tapi kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Ini murni kesalahan kita yang belum bisa mengapitalisasi kepasifikan Indonesia," kata Tantowi di SkyCity Convention Center, Auckland, Selandia Baru, Kamis (11/7/2019).



Tantowi menjelaskan ada lima provinsi di bagian timur yang menjadi representasi Indonesia sebagai negara Pasifik. Mereka adalah Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Kita punya lima provinsi yang terletak di Pasifik, yaitu Maluku, Maluku Utara, NTT, Papua, dan Papua Barat," sebutnya.

Dubes Tantowi Buka Tourism Forum di Pacific Expo 2019Foto: Tantowi Yahya di Pacific Expo 2019. (Tsarina Maharani/detikcom)

"Ini bukan maunya kita. Ini adalah bagian dari alam," imbuh Tantowi.

Lewat Pacific Expo 2019, kata Tantowi, Indonesia ingin mengenalkan diri sebagai negara Pasifik. Selain itu, pameran ini juga bertujuan agar negara-negara Pasifik berkolaborasi untuk membangun sektor pariwisata tunggal.



Menurut Tantowi, negara-negara Pasifik memiliki potensi wisata yang luar biasa. Namun, lanjut dia, potensi ini belum sepenuhnya tergali karena keterbatasan infrastruktur dan sumber daya.

"Negara Pasifik ini dianugerahi laut-laut jernih, langit biru, pegunungan, hutan lebat, dan diduduki oleh orang-orang yang ramah," ucap Tantowi.

"Jika kita mau, saya yakin Pasifik bisa menjadi 'the next tourism powerhouse'. Destinasi kelas dunia yang didukung infrastruktur dan konektivitas, beserta sumber daya manusia profesional di bidang pariwisata," imbuh dia.

Tema yang digagas dalam tourism forum ini adalah 'Towards One Pacific Destination'. Dalam acara, Menteri Pariwisata RI Arief Yahya dan Menteri untuk Orang Pasifik Selandia Baru William Sio menjadi pembicara kunci.

Diskusi membahas mengenai pembangunan konektivitas dalam pariwisata, pengembangan jenama (brand) Pasifik, dan pengembangan sumber daya manusia (SDM) dalam bisnis pariwisata.

Turut hadir sebagai panelis di antaranya Menteri Pariwisata Tuvalu Taukelina Finikaso, CEO South Pacific Tourism Organization Chris Cocker, dan Direktur Carnival Australia Ann Sherry AO. Selain itu, juga hadir Sekretaris Kementerian Pariwisata dan Budaya Kepulauan Solomon Andrew Nihopara dan Menteri Informasi dan Teknologi Samoa Rico Tupai.



Simak Video "Cuitan Para Pemimpin Dunia soal Penembakan di New Zealand"
[Gambas:Video 20detik]

(tsa/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com