detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 22:05 WIB

Sekjen PD: SBY Mulai Besok Sudah Bisa Diskusi Soal Internal Partai

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sekjen PD: SBY Mulai Besok Sudah Bisa Diskusi Soal Internal Partai Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Hinca Pandjaitan. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat (PD) Hinca Pandjaitan mengatakan Ketum Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah mulai bisa bicara soal politik setelah tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono. Namun, pembahasannya baru sekadar internal partai.

"Seperti yang selalu saya sampaikan teman-teman selama masa 40 hari ini Partai Demokrat tentu Pak SBY saya mendampingi memang tidak berbicara politik. Kami bicara tentang hal-hal mengenai keluarga dan Ibu Ani. Pertanyaannya, besok bagaimana, saya sampaikan teman-teman besok Pak SBY sudah mulai bisa berdiskusi dengan kami internal," kata Hinca di pendopo Puri Cikeas Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

"Besok ada Ketua-ketua DPD dan Sekretaris se-Indonesia yang memang juga hadir malam hari ini, besok kami lanjutkan di hari ini untuk memulai mendiskusikan hal-hal yang berkaitan dengan partai," sambungnya.



Hinca belum bisa menjelaskan pembahasan dengan SBY secara internal itu apakah terkait arah Demokrat pasca pilpres atau bukan. Yang jelas, lanjut Hinca, diskusi dengan SBY hanya mengenai internal Demokrat.

"Ini juga baru kesempatan pertama kali Pak SBY bicara dan tentu bicaranya ke dalam dulu, ke kami dulu, kepada seluruh ketua-ketua DPD di seluruh Indonesia untuk memberikan arahan, petunjuk, dan penjelasan-penjelasan yang diperlukan untuk itu. Karena sejak tanggal 2 Februari sampai per hari ini tidak ada komunikasi yang intens secara langsung karena memang Pak SBY secara fisik mendampingi Ibu Ani sampai tanggal 1 Juni di Singapura," terangnya.



SBY, kata Hinca, akan memberikan arahan kepada kader Demokrat. Dia menyebut ketua DPD PD dari seluruh Indonesia akan hadir.

"Pak SBY tentu akan mulai berbicara tentang kami ke internal dulu menjelaskan, memberikan arahan, karena memang hadir Ketua-ketua DPD seluruh Indonesia hadir bahkan beberapa DPC juga hadir. Tambahan lagi yang tadi dan kami tadi melakukan ziarah seluruh kader Partai Demokrat," terangnya.

Simak Video "Tolak Wacana KLB, DPD Demokrat Jakarta Dukung SBY"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com