detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 21:34 WIB

SBY Tulis Memoar, Ungkap Cerita Hari-hari Terakhir Bersama Ani Yudhoyono

Jefrie Nandy Satria - detikNews
SBY Tulis Memoar, Ungkap Cerita Hari-hari Terakhir Bersama Ani Yudhoyono Foto: SBY berpidato di acara tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono (Abdul Aziz/detikcom)
Bogor - Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dirinya sedang menulis memoar yang akan mengabadikan kenangan indahnya bersama almarhum Ani Yudhoyono. SBY menyebut, buku itu juga akan menceritakan hari-hari terakhir Ani berjuang melawan kanker darah.

"Saat ini saya sedang menulis memoar, melalui memoar ini saya ingin mengabadikan kenangan indah saya bersama istri tercinta utamanya di hari-hari terakhirnya," kata SBY di acara tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono di Pendopo Puri Cikeas Indah, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (10/7/2019).

"Rasanya banyak yang ingin saya tulis dalam memoar tersebut namun ternyata mengungkapkannya sering tidak mudah, ketika perasaan atau emotions saya sedang mengalami pasang dan surut, up and down," sambung SBY yang mengenakan kemeja lengan panjang warna putih, celana panjang warna hitam dan peci berwarna senada.


SBY menyebut, barangkali banyak yang tidak tahu, bahkan sahabat Ani Yudhoyono, soal apa yang dilakukan istrinya selama 4 bulan terakhir bergulat gigih melawan kanker darah. Karena itu, dirinya ingin mengabadikan cerita itu dalam memoar.

"Sebagai suami, belahan jiwa, saya tentu amat mengerti karakter kepribadian dan bagaimana seorang Ani Yudhoyono menghadapai tantangan kehidupan semasa hidupnya," ujar SBY.

SBY Tulis Memoar, Ungkap Cerita Hari-hari Terakhir Bersama Ani YudhoyonoFoto: Suasana tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono (Abdul Aziz/detikcom)

"Mendampingi dan menyaksikan sendiri apa yang istri tercinta pikirkan, katakan, dan lakukan hingga akhir hayatnya, mungkin akan ada yang mengatakan bahwa cerita tentang hari-hari terakhir Ani Yudhoyono tentu bersama saya, suami belahan jiwanya, adalah too good to be true, tetapi kalau boleh saya sampaikan para sahabat sekaligus menutup kata sambutan ini, jika kebersamaan suami dan istri itu selalu diikat oleh cinta dan kesetiaan yang sejati serta diwujudkan dalam caring and sharing segala yang dimustahilkan bisa benar-benar menjadi kenyataan," sambungnya.

Mengakhiri sambutannya, SBY mengucapkan terima kasih kepada para undangan yang hadir di acara tahlilan 40 hari Ani Yudhoyono itu. Dia berterima kasih semua mau mendengarkan curahan hatinya.


"Terutama atas kesabaran bapak ibu untuk mendengar curahan hati saya yang sedang menapaki hari-hari baru, hari-hari yang berat, namun tetap menjaga optimisme, optimisme saya, karena saya percaya akan selalu ada hari esok yang baik, hari esok yang dirahmati Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," ujarnya.

Acara tahlilan Ani Yudhoyono ini ramai dikunjungi para tamu undangan. Selain elite Partai Demokrat, tampak hadir eks cawapres Sandiaga Uno, Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan, serta Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra.

Hadir pula Founder & Chairman of CT Corp Chairul Tanjung dan istrinya Anita Ratnasari Tanjung serta mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie.

Simak Video "Sandiaga Kenang Sosok Almarhumah Ani Yudhoyono"
[Gambas:Video 20detik]

(hri/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com