detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 16:08 WIB

Alasan Terdakwa Minta Bantuan Rommy-Menag demi Jabatan: Sama-sama PPP

Faiq Hidayat - detikNews
Alasan Terdakwa Minta Bantuan Rommy-Menag demi Jabatan: Sama-sama PPP Terdakwa perkara suap jual-beli jabatan di Kemenag, M Muafaq Wirahadi, ketika menjalani sidang. (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

M Muafaq Wirahadi terang-terangan menyebutkan alasannya meminta bantuan Romahurmuziy alias Rommy demi jabatan di Kementerian Agama (Kemenag). Muafaq juga mengaku memberikan uang kepada mantan Ketua Umum PPP itu sebagai ucapan terima kasih.

"Sebagai ungkapan terima kasih karena saya dibantu Saudara Rommy," kata Muafaq dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).




Muafaq merupakan mantan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik. Demi mendapatkan jabatan itu, Muafaq meminta bantuan Rommy, termasuk Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin. Apa alasannya?

"Saya punya pikiran Mas Rommy Ketua PPP, Menteri Agama juga PPP. Barangkali bisa membantu," ucap Muafaq, yang duduk sebagai terdakwa dalam persidangan itu.

Atas bantuan Rommy, Muafaq mengatakan pernah memberikan Rp 50 juta kepada Rommy. "Saya bawa tas, dalamnya uang Rp 50 juta. Saya sampaikan, 'Mas (Rommy), terima kasih, ini dari saya,'" imbuh Muafaq, yang menyebutkan pemberian itu dilakukannya di salah satu hotel di Surabaya.

Dalam sidang ini, duduk pula sebagai terdakwa, Haris Hasanudin. Dia juga didakwa menyuap Rommy untuk jabatan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur (Jatim). Rupanya Muafaq sempat pula meminta saran kepada Haris tentang siapa yang bisa membantunya mendapatkan jabatan itu.



Namun sebelum Muafaq mendekati langsung Rommy, ada peran seseorang bernama Abdul Rochim alias Aim, yang tak lain adalah sepupu Rommy. Melalui Aim, Muafaq bisa berkenalan dengan Rommy. Atas jasa Aim, Muafaq mengaku dimintanya membantu kakak Aim bernama Abdul Wahab, yang ingin mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Kabupaten Gresik.

"Bantu Wahab langsung saya total Rp 41,5 juta," kata Muafaq.

"Secara langsung tidak ada, cuma Aim menyampaikan, 'Kalau Anda jadi Kakanwil Gresik, bantu kakak saya,'" imbuh Muafaq.




Simak Juga 'Detik-detik Ajudan Rommy Bawa Uang Suap Terekam CCTV':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Staf Ahli Menag Sebut Haris Hasanuddin Dizalimi"
[Gambas:Video 20detik]

(fai/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com