detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 15:44 WIB

Pindah Alamat, Kantor Baru Imigrasi Kelas II Bekasi Diresmikan

Isal Mawardi - detikNews
Pindah Alamat, Kantor Baru Imigrasi Kelas II Bekasi Diresmikan Foto: Isal Mawardi/detikcom
Jakarta - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan kantor baru Imigrasi Kelas II. Dengan adanya kantor baru ini diharapkan pelayanan ditingkatkan dan tidak ada lagi antrean panjang.

Sebelumnya, kantor Imigrasi kelas II berada di Komplek GOR Bekasi, Jalan Ahmad Yani, Kayuringin, Kota Bekasi. Setelah adanya MoU antara Pemkot Bekasi dengan Kemenkumham RI, kantor imigrasi dipindah ke Jalan Perjuangan, Teluk Pucung, Kota Bekasi.

"Kita pinjamkan sebelah kantor perindustrian dan kantor eks Pengcab PSSI digabung jadi 1 (gedung imigrasi yang lama). Alhamdulillah semakin hari saya lihat semakin hadir ya buat warga saya, karena saat itu beberapa (kata) kepala kantor imigrasi sebelumnya, Pak Eko, 200-300 (warga) ngantre sedemikian rupa tiap harinya," ujar Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi, kepada wartawan, Rabu (10/7/2019).

Akses ke kantor imigrasi yang baru ini lebih dekat. Diharapkan, pelayanan juga lebih meningkat.

"Kita bangga nggak perlu ke Cipinang, Karawang, untuk bikin paspor. Cukup sini saja. Mungkin saya nggak akan lihat lagi 200-300 lagi warga saya antre," lanjut pria yang akrab disapa Pepen itu.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan gedung baru Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi.Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meresmikan gedung baru Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi. Foto: Isal Mawardi/detikcom




Pembangunan gedung dilakukan sejak 2017 di atas tanah milik Kementerian Hukum dan HAM RI dengan pembiayaan dari APBD Kota Bekasi sebesar Rp 31,8 miliar. Gedung seluas 4.020 m2 itu dibangun atas dasar Undang-undang nomor 6 tahun 2011 tentang keimigrasian.

"Saya sangat menghargai komunikasi dan bantuan dari Rahmat Effendi, semoga kantor yang baru ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani warga Bekasi. Tidak hanya warga (Bekasi), juga warga negara asing, dan ini kerjasama antara instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah," ujar Menteri Hukum dan HAM RI, Yosanna Laoly yang juga menghadiri peresmian tersebut.

Kepala Imigrasi kelas II, Petrus Teguh, mengatakan pelayanan di kantor baru Imigrasi kelas II telah aktif sejak awal Juli.

"Gedung lama sudah non-aktif. Kami akan kembalikan ke Pemkot (Bekasi), pelayanan (gedung baru) per 1 Juli sudah buka," ujar Petrus.

Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi.Pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas II Bekasi. Foto: Isal Mawardi/detikcom


Pantauan detikcom, Kantor Imigrasi kelas II non TPI memiliki 2 lantai. Bagian basement untuk lahan parkir dan pos pengamanan.

Bagian lantai 1 digunakan untuk pelayanan keimigrasian Warga Negara Indonesia (WNI). Tampak fasilitas seperti 11 booth foto, loket customer service, loket customer care, ruang bermain anak, ruang cetak paspor, dan ruang tunggu.

Sementara itu, lantai 2 khusus pelayanan Warga Negara Asing (WNA). Fasilitasnya di antaranya 4 loket pelayanan izin tinggal, 2 booth foto, ruang arsip, dan ruang tunggu bagi pemohon. Suhu di dalam ruangan cukup dingin dan bersih.



Simak Video "Ditjen Imigrasi Waspadai Perdagangan Orang Gunakan Pencari Suaka"
[Gambas:Video 20detik]

(isa/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com