detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 14:47 WIB

Kebakaran Besar di Tebet Diduga Dipicu Korsleting Listrik

Farih Maulana - detikNews
Kebakaran Besar di Tebet Diduga Dipicu Korsleting Listrik Petugas damkar menyisir sumber api untuk mencegah api kembali menyala di permukiman padat penduduk di Tebet, Jaksel. (Farih Maulana/detikcom)
Jakarta - Kebakaran di permukiman padat penduduk di Tebet, Jakarta Selatan, dipadamkan petugas. Asap tebal masih muncul di lokasi kebakaran.

Pantauan detikcom, Rabu (10/7/2019) pukul 14.10 WIB, petugas tengah menyusuri gang-gang di lokasi kebakaran di Jalan Lebak Swadaya I RT 12 RW 07, Kampung Bali Matraman, Tebet, Jaksel. Petugas terus menyiramkan air ke sudut-sudut rumah yang terbakar.

"Tinggal tumpukan-tumpukan kain, karena di sini banyak konfeksi-konfeksi home industry," kata perwira piket Sudin Penanggulangan dan Penyelamatan Kebakaran Jaksel, Paryo, di lokasi.


Asap tebal masih terlihat di lokasiAsap tebal masih terlihat di lokasi. (Farih Maulana/detikcom)

Penyisiran dilakukan untuk mencegah penyalaan kembali. Tampak warga juga ikut mendampingi petugas. Mereka membantu menyalurkan selang ke permukiman penduduk untuk proses pendinginan.

Paryo mengatakan belum diketahui pasti jumlah rumah yang terkena dampak kebakaran. Diduga kebakaran yang terjadi sejak sekitar pukul 10.55 WIB ini disebabkan korsleting listrik.


"(Dugaan) sementara korsleting listrik yang cepat merambat karena angin yang cukup gede," kata Paryo.

Petugas membobol tembok untuk lebih mudah menjangkau titik api di permukiman padat penduduk di TebetPetugas membobol tembok untuk lebih mudah menjangkau titik api di permukiman padat penduduk di Tebet. (Farih Maulana/detikcom)

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Petugas sempat mengalami kendala dalam pemadaman karena sumber air jauh. Selain itu, ada banyak benda mudah terbakar di lokasi.


"Kendalanya itu, pertama, sumber air jauh. Kedua, permukiman padat dan mudah terbakar. Jadi akses ke dalam juga sempit jadi sulit. Untuk melewati tembok ini kan," tuturnya.

Saat ini, didirikan tenda pengungsian untuk penampungan sementara warga yang terdampak kebakaran. Tenda pengungsian didirikan di sekolah dan masjid sekitar lokasi.

Simak Video "Bengkel Mobil di Pasar Minggu Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com