detikNews
Rabu 10 Juli 2019, 11:12 WIB

PBNU Siap Setor Nama Menteri Jika Diminta Jokowi: Banyak Profesional

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
PBNU Siap Setor Nama Menteri Jika Diminta Jokowi: Banyak Profesional Ketum PBNU Said Aqil Siroj (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siroj siap menyetorkan nama menteri jika diminta Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia memastikan banyak kader NU berasal dari kalangan profesional.

"Kita kalau diminta ya siap. Banyak sekali (yang) profesional," kata Said Aqil kepada wartawan di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Rabu (10/7/2019).


Said Aqil menyebut kader NU tidak hanya berpotensi mengisi posisi Menteri Agama saja. Dia menuturkan siap menyetorkan nama ke Jokowi bila diminta.

"Apa saja, tidak hanya agama. Insyaallah kami banyak, walaupun kita terus terang saja tidak ngoyo," sebutnya.


Untuk periode keduanya sebagai presiden, Jokowi disebut-sebut mulai membahas calon menteri pada pertengahan bulan ini. Sejumlah parpol pendukung di Pilpres 2019 menyebut Jokowi memiliki hak prerogatif untuk memilih menterinya.

Wakil presiden terpilih KH Ma'ruf Amin sebelumnya mengatakan sejauh ini dia belum memberi usulan kepada Jokowi terkait kader NU yang akan ditempatkan pada kabinet yang akan dibentuk.

"Belum, saya belum memberi usulan. Kalau NU, biar NU aja yang usulkan. Nanti kan Pak Jokowi bicarakan juga dengan saya," kata Ma'ruf, Minggu (7/7).

Redaksi melakukan pengubahan sebagaian judul dan sebagian isi berita berkaitan dengan konteks kesediaan Said Aqil mengirimkan nama calon menteri. Dapat dipastikan, Said Aqil menyatakan siap memberikan nama calon menteri, hanya ketika diminta oleh Jokowi. Redaksi meminta maaf atas kesalahan konteks pada versi berita sebelumnya.



Simak Video "Suara-suara Partai soal Calon Menteri Pilihan Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com