detikNews
2019/07/09 20:37:35 WIB

Round-Up

Habib Rizieq Diminta Pulang Sendiri

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Habib Rizieq Diminta Pulang Sendiri Habib Rizieq Syihab (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Sudah lebih dari 800 hari Habib Rizieq Syihab berada di luar negeri. Setidaknya sudah lebih dari lima kali Rizieq berencana pulang ke Tanah Air, namun batal.

Rekonsiliasi pascapemilu dianggap mantan Koordinator Juru Bicara BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Dahnil Anzar Simanjuntak, sebagai momentum tepat untuk memulangkan Rizieq. Wacana tersebut menimbulkan polemik. Pemerintah meminta Rizieq pulang sendiri ke Indonesia.

"Siapa yang pergi, siapa yang pulangin. Kan pergi (tinggalkan Indonesia), pergi sendiri, kok dipulangin, gimana sih? Memangnya kita yang ngusir? Kan nggak," kata Kepala Staf Presiden (KSP) Jenderal (Purn) Moeldoko saat ditemui di Istana Bogor, Selasa (9/7/2019).


Moeldoko pun heran atas pernyataan membawa pulang Rizieq sebagai syarat rekonsiliasi. Dia pun menyarankan Rizieq sebaiknya pulang sendiri ke Indonesia.

"Pergi, pergi sendiri, kok kita ribut mau mulangin, kan gitu. Ya pulang sendiri saja, nggak beli tiket, baru gua beliin," lanjutnya.

Terkait jaminan hukum ke Rizieq ketika pulang ke Indonesia, Moeldoko mengatakan kewenangan itu sepenuhnya ada di tangan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. "Ya saya tidak tepat bicara itu ya, mungkin Kapolri," tuturnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed