detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 17:52 WIB

Agus Gumiwang Sebut Airlangga Bisa Aklamasi Jadi Ketum Golkar

Mukhlis Dinillah - detikNews
Agus Gumiwang Sebut Airlangga Bisa Aklamasi Jadi Ketum Golkar Agus Gumiwang (Muklis/detikcom)
Bandung - Politikus senior Partai Golkar Agus Gumiwang Kartasasmita menyebut 400 lebih pemilik suara musyawarah nasional (munas) mendukung Airlangga Hartarto. Bahkan Airlangga bisa menjadi calon tunggal Ketum Golkar mendatang.

"Faktanya, Airlangga memiliki dukungan dari 400 daerah. Bahkan sekarang di atas 400 daerah. Ini kan bisa mengarah pada aklamasi," kata Agus kepada wartawan di Poltekesos, Kota Bandung, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, calon tunggal adalah hal yang tidak tabu dalam sebuah organisasi, termasuk parpol. Sepanjang dukungan tersebut berasal dari daerah-daerah atau pemilik suara munas partai berlambang pohon beringin tersebut.



"Aklamasi itu kan salah satu bagian dari demokrasi. Selama aspirasi yang datang dari daerah, nggak ada unsur paksaan," ungkap dia.

Ia mengatakan DPD Golkar Jabar menjadi yang pertama menyatakan dukungan kepada Menteri Perindustrian tersebut. Beberapa provinsi juga secara bertahap menyampaikan dukungan secara tertulis.

"Pak Airlangga menerima lima provinsi yang masing-masing dari mereka menyampaikan dukungan lengkap dengan tanda tangan pengurus provinsi dan kota. Banten, Maluku Utara, Yogyakarta, NTT, dan lupa satu lagi," tutur dia.



Seperti diketahui, perebutan kursi Ketum Golkar tengah memanas. Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo sama-sama mengklaim jumlah dukungan untuk maju sebagai caketum Golkar.

Airlangga, yang merupakan Ketum Golkar saat ini, mengaku telah mengantongi 400 dukungan dari pemegang suara di Partai Golkar. Begitu juga kubu Bamsoet, yang mengklaim punya dukungan dengan jumlah yang sama.




Simak Juga 'Airlangga Respons Bamsoet soal Aklamasi Pemilihan Ketum Golkar':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Menebak Ketum Golkar Selanjutnya dan Pentingnya Restu Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/bbn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com