detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 16:06 WIB

Kurangi Kendaraan Pribadi, 35 Bus TransJ Beroperasi di UI Mulai 1 Agustus

Matius Alfons - detikNews
Kurangi Kendaraan Pribadi, 35 Bus TransJ Beroperasi di UI Mulai 1 Agustus Bus TransJakarta. (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta - TransJakarta bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) menyiapkan 35 unit bus TransJakarta. Bus itu akan dioperasikan di dalam kampus UI untuk menekan jumlah kendaraan pribadi.

Pantauan detikcom di ruang rapat rektorat Universitas Indonesia, Beji, Depok, Jawa Barat, Dirut TransJakarta Agung Wicaksono menandatangani nota kesepahaman bersama Rektor UI Muhammad Anis. Kesepahaman itu terkait menyiapkan moda transportasi bus Metrotrans di dalam kompleks UI.

"Transportasi yang kita bangun dalam kampus ini upayanya lebih ke publik, kita kurangi gimana kendaraan pribadi bisa kita kurangi, ke depan kalau dimungkinkan tidak ada satu pun kendaraan pribadi masuk ke kampus tapi transportasi publik kita kembangkan," kata Anis dalam sambutannya, Selasa (9/7/2019).
Anis mengaku kerja sama ini merupakan upaya untuk mengarah ke kampus green matrix. Menurutnya, UI akan berupaya menjalin kerja sama di berbagai sektor, salah satunya transportasi publik, untuk menerapkan green campus ini.

"Sekarang kita kerja sama dengan TransJakarta yang punya armada yang friendly dengan difabel. Itu sangat dekat dibutuhkan untuk beri pelayanan terbaik," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Umum TransJakarta Agung Wicaksono menjelaskan bus TransJakarta ini nantinya akan beroperasi di dalam lingkungan UI. Kehadiran bus ini diharapkan dapat membantu mengurangi penggunaan kendaraan pribadi di UI.

"Jadi layanan TransJ selama ini sebenarnya sudah ada yang menuju masuk ke UI, tapi ini akan kita lanjutkan masuk ke kawasan UI melayani mahasiswa UI, jadi dua titik transportasi publik penting, yaitu Lebak Bulus MRT dan Manggarai KRL akan terhubung dengan UI, dengan harapan kami bisa bantu kurangi pengedaran kendaraan pribadi di kampus UI," sambungnya.
Agung mengungkap pihaknya akan menyiapkan 35 unit bus TransJakarta yang berkeliling dalam kompleks UI. Bus ini akan mulai beroperasi pada 1 Agustus.

"(Sebanyak) 35 unit dari 2 rute, nanti ada (menyusul) 3 rute lagi, tambahan 15 unitlah. Tadi yang udah ada Lebak Bulus-UI dan Manggarai-UI, lalu Kp Rambutan-UI via Lenteng Agung, Kp Rambutan-UI via Raya Bogor, dan UI-Margonda, startnya 1 Agustus nanti, kita siapkan nanti beroperasi," ujar Agung.

Agung menjelaskan bus ini akan ada setiap 5 menit di halte-halte yang ada di Fakultas UI. Mahasiswa, menurutnya, tidak akan dikenai tarif jika hanya berkeliling di dalam kampus.

"Jadi gini, tarif reguler Rp 3.500 itu untuk naik dari luar ke dalam atau dari dalam ke luar, sementara yang hanya berputar di dalam maka akan gratis. Tentu akan ada mekanismenya itu," sebutnya.

Simak Video "Jokowi Batal Bertemu dengan BEM SI Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com