detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 16:02 WIB

Gagalkan Penyelundupan Sabu, Anggota TNI-Polisi di Aceh Diberi Award

Agus Setyadi - detikNews
Gagalkan Penyelundupan Sabu, Anggota TNI-Polisi di Aceh Diberi Award Personel TNI AU Bandara Internasional Iskandar Muda mendapat penghargaan. (Foto: Dok. Lanud Sultan Iskandar Muda)
Banda Aceh - Dua prajurit TNI AU, seorang polisi dan satu petugas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar, Aceh, mendapat penghargaan karena mencegah penyelundupan narkoba. Petugas gabungan tersebut berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba jenis sabu dan ganja lewat bandara.

Adapun dua prajurit TNI AU yang mendapat penghargaan yakni Peltu Andri Subagja dan Sertu Hasanuddin dari Lanud Sultan Iskandar Muda. Sementara seorang polisi dimaksud yaitu Bripka Hendra Syahputra dari Polsek Kuta Baro dan petugas Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Nujulul Akbar. Penyerahan penghargaan digelar di VIP Room Lanud Sultan Iskandar Muda, Blang Bintang, Aceh Besar, Selasa (9/7/2019).

"Kita tidak bisa tinggal diam, harus ada langkah konkret untuk mencegah dan meminimalisir peredaran narkoba, salah satunya melalui jalur udara," kata Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief dalam keterangan kepada wartawan.

Petugas gabungan Bandara SIM memang berhasil menggagalkan penyelundupan ganja dan sabu. Sejak April-Juni 2019, total narkoba yang digagalkan penyelundupannya yakni ganja kering seberat 68,1 Kg dan sabu seberat 5,1 Kg.

Menurut Hendro, Bandara SIM menjadi pintu utama jalur penerbangan internasional dan nasional di Provinsi Aceh. Objek vital tersebut, jelasnya harus diamankan, dijaga serta steril dari peredaran narkoba.

"Dengan semakin kompak, tentunya segala bentuk peredaran narkoba melalui bandara SIM dapat dicegah," jelas Hendro.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan Kepala BNN Provinsi Aceh Brigjen Pol Faisal Abdul Naser, GM Angkasa Pura II Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda Yos Suwagiyono, Kepala Kantor Pos Indonesia Cabang Banda Aceh Ahmad Saladin, pejabat TNI/Polri dan BNN provinsi Aceh serta komunitas bandara juga seluruh personel Lanud Sultan Iskandar Muda.

Melalui penghargaan ini, katanya, diharapkan mampu menggenjot semangat prajurit untuk memberikan yang lebih baik lagi kedepannya. Para personel lainnya diharapkan untuk mencontoh dan meneladani sehingga bersama-sama dapat mencegah peredaran narkoba untuk mendukung program pemerintah menuju Aceh Hebat.

"Bertugas di Aceh apalagi mampu mencegah atau menggagalkan penyelundupan narkoba merupakan sebuah kehormatan yang sangat membanggakan," ungkapnya.

"Untuk itu, berikanlah yang terbaik dalam setiap pelaksanaan tugas, karena setiap tugas yang diemban adalah kemuliaan dan amanah yang dapat memberikan nilai tambah bagi diri sendiri. Selain itu juga meminimalisir peredaran narkoba di Indonesia dan sebagai bentuk kepedulian dalam mengamankan generasi muda dari ancaman narkoba," harap Hendro.

Simak Video "Perempuan Tepergok Simpan Ganja di Selangkangan saat Besuk di LP"
[Gambas:Video 20detik]

(agse/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com