detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 13:23 WIB

Kecelakaan Maut Tol Cipali, KNKT Sarankan Pemasangan Pembatas Jalan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Kecelakaan Maut Tol Cipali, KNKT Sarankan Pemasangan Pembatas Jalan KNKT (Foto: Jefrie Nandi Satria/detikcom)
Jakarta - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyarankan agar pemasangan pembatas jalan di Tol Cipali terkait kecelakaan maut pada 17 Juni 2019. KNKT menyerahkan proses pemasangan pembatas jalan tersebut kepada pihak terkait.

"Ini menarik, KNKT tidak pernah menyarankan how-nya, tapi kita menyarankan what-nya saja. Jadi tolong berikan pembatas jalan yang efektif untuk kendaraan yang lewat di jalan tol tersebut. Nah, caranya seperti apa dan yang baik seperti apa, itu adalah kewajiban dari operator atau regulator untuk membikin aturan yang paling efektif untuk pencegahan itu seperti apa. Jadi kita nggak menyarankan bagaimana caranya tapi apa yang harus mereka lakukan," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (9/7/2019).


Soerjanto menyebut hanya ada pemisahan lajur beberapa meter di lokasi kecelakaan maut yang berada di Km 150-900 Tol Cipali. Menurutnya, kondisi ini harus dibenahi agar kejadian serupa tak terulang.

"Cuma ada pemisahan jalur beberapa meter, sesuai dengan aturan yang ada. Tapi kembali lagi, aturan yang ada ini kan ada kekurangan, aturan itu kita ubah, kita sesuaikan, supaya kejadian ini tidak terjadi kembali. Itulah gunanya kami melakukan investigasi. Kami akan memberikan rekomendasi ke siapa, entah menteri Kementerian Perhubungan atau Kementerian PUPR untuk siapa yang bertanggung jawab untuk hal ini. Sebaiknya single aja," sebut Soerjanto.

Sebelum mengeluarkan rekomendasi terkait, KNKT mengaku akan berdiskusi terlebih dulu. Namun Soerjanto menyebut rekomendasi dari KNKT kepada Kementerian PUPR selama ini selalu diterapkan.


"Kami akan diskusikan dulu sebelum kami melakukan rekomendasi siapa yang paling tepat untuk hal ini. Jadi kami juga mendiskusikan dan kurang-lebih nanti sehingga rekomendasi kami efektif untuk bisa dilaksanakan," katanya.

"Kita sekarang juga sudah runding. Kementerian PUPR itu rekomendasi kita 100 persen dilaksanakan oleh mereka. Kami juga terima kasih kepada PUPR, rekomendasinya KNKT dilaksanakan semua," dia menambahkan.

Simak Video "Petugas Selidiki 3 Penyebab Kecelakaan Maut di Tol Cipularang"
[Gambas:Video 20detik]

(gbr/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com