detikNews
Selasa 09 Juli 2019, 11:51 WIB

Menhan: Negara Harus Bersatu dengan Rakyat Lawan Terorisme

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Menhan: Negara Harus Bersatu dengan Rakyat Lawan Terorisme Menteri Pertahanan (Menhan) Ryanizard Ryacudu (Lisye/detikcom)
Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengatakan tidak mungkin sebuah negara melawan teroris seorang diri. Negara harus bersatu bersama rakyat dan menjadikan teroris sebagai musuh bersama.

"Tidak bisa satu negara menyelesaikan masalah teroris, harus bersama-sama seluruh rakyat. Kita jadikan teroris musuh bersama," ujar Ryamizard di gedung Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (9/7/2019).

Menurutnya, pada zaman dahulu, perang adalah serangan di antara dua negara menggunakan alutsista. Namun perang saat ini adalah perang melawan terorisme.



"Saudara sekalian, dulu kita perang semesta untuk menghadapi ancaman perang antara dua negara dengan menggunakan alutsista. Sekarang tiga ancaman tadi menggunakan semesta, sekarang teroris itu tidak bisa diatasi oleh polisi dan tentara," kata dia.

Lebih lanjut, Ryamizard bercerita masalah pertahanan yang melibatkan seluruh komponen bangsa dan isinya, yaitu sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata). Sishankamrata tersebut bekerja berdasarkan kebersihan hati, termasuk ketika melawan terorisme.

"Sebagai contoh dalam penanganan terhadap aksi kejahatan terorisme, melalui pendekatan pertahanan semesta, adalah bagian dari fungsi pertahanan negara untuk melindungi keselamatan terhadap bangsa," kata dia.

Eks Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu mengatakan keterlibatan negara dalam melawan terorisme hanya satu persen. Selebihnya, kekuatan memerangi teroris adalah kekuatan rakyat dengan upaya bela negara.

"Tidak bisa, hanya 1 persen (negara) 99 persen itu di kekuatan rakyat. Kita sudah ada wadahnya yaitu bela negara, itu total warfare," lanjutnya.


Simak Video "Menhan: Baru Belajar Sedikit di Arab Sudah Nggak Jelas"

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Isu Prabowo Jadi Menhan, Ryamizard: Nggak Tahu, Dia Tujuannya Presiden"
[Gambas:Video 20detik]

(lir/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com