detikNews
Senin 08 Juli 2019, 18:33 WIB

Dilantik Anies, Kadishub DKI Pernah Nonjob di Era Ahok

Arief Ikhsanudin - detikNews
Dilantik Anies, Kadishub DKI Pernah Nonjob di Era Ahok Foto: Syafrin Liputo (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan DKI yang baru dilantik Gubernur DKI Anies Baswedan, sebenarnya bukan orang baru di Pemprov DKI. Syafrin pernah berkiprah di era kepemimpinan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

Syafrin pernah mengisi jabatan Kabid Angkutan Darat Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Pada tahun 2015, terjadi perombakan besaran-besaran di tataran Pemprov DKI sehingga Syafrin digantikan dan tidak mendapatkan jabatan atau nonjob.

"2015 terjadi perampingan organisasi, restruktur di DKI, besar-besaran, semua tuh berpencaran," ucap Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI Jakarta, Chaidir, saat dihubungi, Senin (8/7/2018).



Chaidir menyebut, Syafrin dicopot bukan karena masalah melainkan karena kepala dinas saat itu membawa orang-orang baru.

"Nah semua pemimpin mengambil kebijakan, bila saya jadi kepala baru nih, saya boleh membawa pasukan saya, begitu. Nah cocok. (Syafrin) enggak dicopot. Nah berarti kalau saya membawa ini saya, saya harus keluar. Dulu juga begitu. Itu memang Pak Ahok memberlakukan seperti itu, yang dibilang metode ular tangga," ucap Chadir.

Karena itulah, Syafrin sempat tidak mendapat jabatan atau nonjob. Lalu, dia mendaftar di Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan.

"Dia tetap (PNS), nonjob, terus dia pindah ke kementerian, didayagunakan di kementerian," ucap Chaidir.



Syafrin pun mengakui bahwa dia bukan orang baru di DKI Jakarta. Dia menjelaskan perjalanan karirnya setelah sempat hengkang dari Pemprov DKI.

"Saya di Dishub tahun 2000 sampai 2016 kemudian 2016 (Presiden) Pak Jokowi membentuk BPTJ Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, saya kebetulan diminta untuk bergabung kesana kemudian tahun 2017 saya gabung ke Ditjen Perhubungan Darat (Kementerian Perhubungan)," kata Syafrin dikonfirmasi terpisah.

Posisi terakhir Syafrin adalah Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah Provinsi Bali dan NTB pada 26 Juni 2019. Setelah itu, dia ikut lelang jabatan Pemprov DKI dan terpilih.

"Nah kemarin Januari saya pindah ke Balai Pengelolaan Trasportasi Darat Provinsi NTT dan baru tanggal 26 kemarin saya pindah ke Balai Pengelola Transportasi Darat Provinsi Bali dan NTB jadi, ada dua, dan hari ini dipercaya oleh pak gubernur untuk mengemban amanah sebagai Kadishub," ucap Syafrin.



Tonton Video Digugat Gegara Kualitas Udara, Anies Siapkan Alat Pengukur:

[Gambas:Video 20detik]




Dilantik Anies, Kadishub DKI Pernah Nonjob di Era Ahok


Simak Video "Soal Reklamasi, Ahok: Nanti Dikira Anies Gue Kampanye"
[Gambas:Video 20detik]

(aik/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com