detikNews
Senin 08 Juli 2019, 18:22 WIB

Panglima: Kami Masih Terus Cari Heli TNI yang Hilang di Papua

Andhika Prasetia - detikNews
Panglima: Kami Masih Terus Cari Heli TNI yang Hilang di Papua Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Helikopter MI-17 milik TNI AD yang hilang di Pegunungan Bintang, Papua masih belum ditemukan. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan upaya pencarian heli masih terus dilakukan.

"Kami masih terus melakukan pencarian ya, kami masih melakukan pencarian," kata Hadi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).


Helikopter MI-17 dengan nomor registrasi HA-5138, yang membawa 12 penumpang dan kru, hilang pada Jumat (28/6). Heli itu terbang dari Oksibil menuju Jayapura pada pukul 11.44 WIT.

Sesaat setelah terbang, pukul 11.49 WIT, pilot sempat mengucapkan terima kasih setelah melaporkan bahwa heli berada di ketinggian 7.800 kaki, 6 mil laut ke utara. Namun, selang 1 jam, tak ada kabar dari heli tersebut.

Pukul 13.19 WIT, petugas di Bandara Sentani mengontak Bandara Oksibil untuk menanyakan keberadaan helikopter milik TNI Angkatan Darat tersebut dan tak ada respons. Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa mengungkapkan kendala pencarian heli.


"(Kondisi) medan sudah pasti. Medan yang begitu terpotong-potong dan tidak ada akses, ya itu yang terpaksa kita menggunakan udara," ujar Andika kepada wartawan setelah menutup acara wisuda sarjana Taruna Akmil Tingkat IV di Lapangan Pancasila, Kompleks Akmil Magelang, Senin (8/7).

Faktor lain yang dia sebutkan adalah tentang cuaca di lokasi hilangnya pesawat helikopter. "Ya sama, kan di situ sering berubah-ubah (cuaca) karena ketinggiannya dari permukaan air," katanya.



Simak Juga 'Duka Keluarga Kru Helikopter yang Hilang di Papua':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Wiranto, Kapolri, dan Panglima TNI Terbang ke Papua Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed