detikNews
Senin 08 Juli 2019, 16:42 WIB

Mendikbud Jelaskan Alasan Gandeng TNI Bentuk Karakter Siswa

Farih Maulana Si - detikNews
Mendikbud Jelaskan Alasan Gandeng TNI Bentuk Karakter Siswa Foto: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. (Lamhot Aritonang-detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menggandeng TNI dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) siswa. Sebab, menurutnya, TNI lebih mudah menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

"Kenapa TNI bukan yang lain? Bisa saja dengan lain, tapi kita sudah sering juga kerja sama dengan TNI dan TNI punya koramil, lanud, jajaran dan fasilitas yang lengkap untuk meng-cover seluruh Indonesia lebih mudah," kata Muhadjir di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (8/7/2019).


Selain itu, Muhadjir juga akan menemui Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka untuk dilibatkan dalam masa orientasi peserta didik baru. Menurutnya, masa orientasi itu harus bersifat multidimensi, tidak cukup hanya dalam 3 hari.

"Saya akan segera bertemu dengan Kwarnas untuk melibatkan Pramuka terutama yang di luar jalur sekolah untuk menangani. Jadi urusan peserta didik baru terutama pada masa orientasi harus multidimensional. Saya sudah minta pekan pengenalan sekolah tidak berlangsung tiga hari, tapi satu semester penuh tiap Sabtu-Minggu dipakai pengenalan sekolah," ujarnya,

Sebelumnya, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Mendikbud Muhadjir Effendy menandatangani kerja sama tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) Tahun 2019. TNI akan terlibat dalam program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kemendikbud.

"Intinya kami akan melibatkan personel TNI seluruh Indonesia untuk ikut mensukseskan, berpartisipasi dan mengisi materi-materi pelatihan yang memang cocok dan relevan kalau itu dilakukan oleh TNI," kata Muhadjir di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Jumat (21/6).


Muhadjir menjelaskan pelibatan TNI itu untuk membentuk karakter siswa-siswi di seluruh tanah air. Utamanya seperti penanaman disiplin, bela negara dan cinta tanah air. Hal itu penting dilakukan lantaran saat ini banyak ditemukan siswa-siswi yang berprilaku indisipliner.

"Oleh karena itu kita meminta bantuan kepada TNI yang bisa menanam, membentuk karakter disiplin para siswa kita," ujar Muhadjir.

Simak Video "Intip Atraksi Pesawat AU Jelang HUT TNI"
[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com