detikNews
Senin 08 Juli 2019, 15:58 WIB

Jaksa Agung Persilakan Baiq Nuril Ajukan Amnesti ke Jokowi

Andhika Prasetia - detikNews
Jaksa Agung Persilakan Baiq Nuril Ajukan Amnesti ke Jokowi Jaksa Agung M Prasetyo (Foto: Lamhot Aritonang/detikcom)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Jakarta - Baiq Nuril Maknun memohon agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan amnesti atas perkara ITE setelah upaya peninjauan kembalinya (PK) ditolak Mahkamah Agung (MA). Jaksa Agung M Prasetyo mempersilakan Nuril mengajukan amnesti.

"Silakan. Itu hak dia juga sebagai warga negara. Nanti Pak Presiden yang memutuskan," kata Prasetyo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (8/7/2019).



Eksekusi atas Nuril menunggu salinan amar putusan PK dari MA. Prasetyo mengatakan, jaksa masih menunggu salinan putusan PK dari MA.

"Semua hak hukumnya sudah dilalui. Kemudian kita juga tidak akan serta merta, juga tidak buru-buru. kita lihat bagaimana nanti yang terbaik lah. kita kan memperhatikan aspirasi masyarakat juga seperti apa," ujar Prasetyo.



Majelis hakim Mahkamah Agung dalam putusan sidang peninjauan kembali telah menolak permohonan terpidana Nuril. Putusan itu diketuai majelis hakim Suhadi dengan anggota Desnayeti dan Margono.

Ketiganya menguatkan vonis kasasi, yakni hakim kasasi menjatuhkan pidana hukuman untuk Nuril selama 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Vonis hukuman itu sesuai dengan Pasal 27 ayat 1 juncto Pasal 45 ayat 1 UU Nomor 11/2008 tentang ITE.


MA Tepis Tudingan Ombudsman di Penolakan PK Baiq Nuril:



Simak Video "Jaksa Agung Tangguhkan Eksekusi Baiq Nuril "
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/mae)
FOKUS BERITA: Amnesti Baiq Nuril
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com