detikNews
Senin 08 Juli 2019, 06:31 WIB

Round-Up

Duka Tokoh Negeri Kehilangan Sosok Sutopo

Tim detikcom - detikNews
Duka Tokoh Negeri Kehilangan Sosok Sutopo Foto: Jokowi sapa Sutopo BNPB (Setkab)
Jakarta - Meninggalnya Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menorehkan duka ke seluruh penjuru negeri. Para tokoh negeri pun turut berduka dan menyampaikan rasa kehilangannya atas sosok Sutopo.

Salah satu ucapan duka cita itu datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengenang Sutopo sebagai sosok yang penuh dedikasi.

"Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Turut berduka atas berpulangnya ke Rahmatullah, Bapak Sutopo Purwo Nugroho di Guangzhou, menjelang dini hari tadi," tulis Jokowi lewat Instagram, Minggu (7/7/2019).


"Almarhum Pak Sutopo Purwo Nugroho adalah seorang yang hidupnya didedikasikan untuk orang banyak. Sampai menjelang akhir hayatnya sebagai Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, ia mengabarkan dengan cepat kejadian bencana alam gempa bumi, longsor, tsunami, atau kebakaran yang terjadi di pelosok negeri agar kita waspada dan tidak kebingungan," lanjut Jokowi.

Jokowi bahkan ingat pesan Sutopo soal arti kehidupan. Menurut Jokowi, Sutopo telah mengamalkan pesan itu dengan baik.

"'Hidup itu bukan soal panjang pendeknya usia, tapi seberapa besar kita dapat membantu orang lain,' kata Pak Sutopo, suatu ketika. Dan ia mengamalkan kalimat itu dengan baik," imbuh Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi pernah bertemu dengan Sutopo pada Oktober 2018. Pertemuan dengan Jokowi itu adalah impian Sutopo yang jadi nyata. Saat itu, Jokowi memberikan kenang-kenangan foto kepada Sutopo. Sutopo memamerkan dua lembar foto bersama Jokowi, lengkap dengan tanda tangan orang nomor satu di Indonesia itu.


Ucapan duka juga datang dari Mantan Presiden ke-4 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati menilai Sutopo adalah pejuang sosial kemanusiaan.

"Almarhum Sutopo, Humas BNPB tidak hanya sosok humanis yang tetap setia menjalankan tugas meski sedang sakit. Bagi saya, Beliau adalah pejuang sosial kemanusiaan", ujar Megawati pada keterangan tertulis, Minggu (7/7/2019).

Hal itu disampaikan Megawati di tengah kunjungannya di Beijing, China saat menghadiri The World Peace Forum ke-8. Megawati mengatakan Sutopo adalah orang yang mampu menentramkan masyarakat di saat terjadi bencana melalui tugasnya sebagai Humas BNPB. Ia menilai informasi yang disampaikan Sutopo mudah diterima oleh masyarakat.

"Dalam situasi krisis ketika tanggap darurat terjadi, Almarhum Sutopo mampu menjadi jembatan penghiburan, membangun harapan di tengah korban bencana, dan membantu menentramkan masyarakat melalui fungsi kehumasan yang dijalankan dengan sangat baik. Informasi terkait penanganan tanggap darurat, bantuan ke korban, dan juga berbagai upaya yang dilakukan BNPB disampaikan dengan baik dan tepat, sampai melupakan rasa sakitnya sendiri. Karena itulah Pemerintah diharapkan memberi penghormatan terbaik bagi pejuang kemanusiaan tersebut," lanjut Megawati.


Ucapan duka cita atas kepergian Sutopo pun datang dari Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ucapan belasungkawa itu disampaikan AHY lewat Instagram, Minggu (7/7/2019). Dia mengunggah foto saat bertemu dengan Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB itu.

"Terima kasih atas segala jasa dan pengabdianmu selama hidup, bahkan selama masa sakitmu. Semangatmu untuk tetap bekerja dengan tulus, walaupun menahan rasa sakit, akan selamanya menginspirasi kami," tulis AHY.
Duka Tokoh Negeri Kehilangan Sosok SutopoFoto: Sutopo Purwo Nugroho saat bertemu AHY (Instagram AHY)


AHY mendoakan agar almarhum Sutopo tenang dan bahagia di sisi Allah SWT. Doa untuk keluarga Sutopo pun dihaturkan.


Sementara itu Menko Maritim Luhut B. Pandjaitan juga turut menyampaikan ucapan duka atas kepergian Sutopo. Ucapan tersebut, ia sampaikan di sela-sela kunjungan kerjanya di Guangzhou, Tiongkok, Minggu (7/7/2019).

Menko Luhut pun langsung menuju rumah sakit tempat Almarhum dirawat dan bertemu dengan Retno Utami Yulianingsih, istri Almarhum dan Nurzuama, kakak ipar Almarhum.

"Saya sering berinteraksi dengan Pak Sutopo saat saya urus kebakaran hutan tahun 2015, beliau orang baik," kata Menko Luhut dalam pernyataan tertulisnya.

Sementara itu, di jagad Twitter, para pejabat negara lainnya juga turut menyampaikan duka citanya atas kepergian Sutopo. Beberapa di antaranya, yaitu Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

"Innalillahi wa Inna Ilaihi Raji'un.. Selamat Jalan Pak @Sutopo_PN . Semoga Allah berikan tempat terbaik di sisiNya," cuit Zulkifli Hasan lewat akun @ZUL_Hasan, Minggu (7/7/2019).

"Duka Cita yg mendalam, atas meninggalnya Bapak Sutopo Purwo Nugroho. Semoga almarhum diterima disisiNya. Keluarga yg diringgal diberikan Kekuatan. 🙏🙏🙏 ," cuit Susi lewat akun @susipudjiastuti, Minggu (7/7/2019).


Simak Video "Sosok Sutopo di Mata Tetangga dan Teman Sekolah"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]

(rdp/imk)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com