detikNews
Senin 08 Juli 2019, 05:26 WIB

Round-up

Selamat Jalan Pak Sutopo, Pahlawan Kemanusiaan Itu Telah Tiada...

Tim detikcom - detikNews
Selamat Jalan Pak Sutopo, Pahlawan Kemanusiaan Itu Telah Tiada... Foto: Dok
Jakarta - Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho meninggal usai bergelut dengan penyakit kanker paru-paru yang ia derita. Orang-orang mengenangnya sebagai pahlawan kemanusiaan. Namun, pahlawan kemanusiaan itu kini telah tiada.

Kepala BNPB Letjen Doni Monardi mengatakan keluarga besar BNPB sangat berduka atas meninggalnya Sutopo. Menurutnya, keluarga besar BNPB bahkan menjuluki Sutopo sebagai pahlawan kemanusian.

"Keluarga besar BNPB menganggap Pak Topo pahlawan kemanusiaan," ujar Doni saat dihubungi, Minggu (7/7/2019).


Doni menuturkan bahwa BNPB telah berusaha maksimal demi kesembuhan Sutopo, hingga mengirim Sutopo ke Guangzhou, China untuk melakukan pengobatan. Namun ternyata takdir Tuhan bicara lain. Sutopo meninggal dini hari tadi pada pukul 02.00 waktu setempat di sebuah rumah sakit di Guangzhou, China.

"Keluarga besar BNPB sangat berduka atas kepulangan Pak Topo. BNPB berusha semaksimal mungkin memberikan pelayanan kesehatan kepada Pak Topo agar Pak Topo bisa pulih kembali," kata Doni.

"Pak Topo diberangkatkan ke Guangzhou karena beberapa pasien kanker itu sembuh di Guangzhou, setelah melewati di beberapa tahun pengobatan di Jakarta, di beberapa rumah sakit," sambungnya.

Selain itu, Doni juga mengenang Sutopo sebagai seorang pekerja keras. Ia senantiasa bekerja tanpa pamrih, di tengah rasa sakitnya, Sutopo tetap melayani masyarakat.

Diketahui bahwa Sutopo didiagnosis mengidap kanker paru-paru sekitar awal Desember 2017. Di tengah perjuangannya melawan kanker, Sutopo masih terus bertugas mengawal kejadian bencana di Indonesia. Dia pun sehari-hari masih bisa ditemui menyampaikan keterangan pers soal bencana kepada awak media.

Tak hanya itu, hampir 24 jam Sutopo siap siaga menyampaikan perkembangan informasi seputar bencana. Telepon maupun pesan elektronik dari awak media pun selalu dibalasnya.

Sutopo juga sangat aktif menyampaikan perkembangan seputar bencana melalui akun Twitternya. Kanker tak menyurutkan semangat sang pahlawan kemanusiaan itu untuk terus bekerja. Bahkan, media internasional ABC Internasional sempat menuliskan cerita Sutopo ketika meng-update informasi bencana.

"Saya tahu dokter menyuruh saya untuk banyak istirahat tapi setelah kena kanker saya jadi sulit tidur. Apalagi ada gempa tsunami, malah kebetulan, saya bisa pakai jam-jam itu untuk meng-update dan mengkompilasi informasi sana-sini dari hape," kata Sutopo dilansir dari ABC Australia, Minggu (7/7/2019).


Termasuk saat menginformasikan tentang kondisi terkini dari penanganan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah beberapa waktu lalu. Sutopo tetap berusaha memperbarui semua perkembangan mulai dari korban, kondisi di lokasi, hingga bantuan yang datang.

Juga saat gempa mengguncang Lombok pada Agustus lalu. Sutopo terus berusaha menginformasikan perkembangan informasi dan situasi terkena meski kala itu pria yang dikenal humoris itu tengah menjalani kemoterapi di sebuah rumah sakit.


Berkat kerja kerasnya ini, tak heran bila Sutopo memanen sejumlah prestasi. Sutopo menyabet prestasi sebagai komunikator terbaik hingga PNS teladan. Berikut ini 11 penghargaan yang pernah didapatkan oleh pria asal Boyolali ini:

1. Communicator of the Year 2018 dari Kominfo dan ISKI.
2. Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dari Kominfo dan ISKI.
3. The First Responders dari The Straits Times.
4. Tokoh Teladan Anti-Hoax Indonesia 2018 dari Mafindo.
5. IAGI Awards 2018 Bidang Komunikasi Bencana Alam dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.
6. Outstanding Spokesperson of the Year 2018 dari Jakarta Foreign Correspondents Club.
7. Anugerah Perhumas 2018 Kategori Humas Pemerintah dari Perhumas Indonesia.
8. The Most Inspirational ASN 2018 dari KemenPANRB
9. 5 Terbaik PNS Inspiratif 2018 dari KemenPANRB.
10. 10 Terbaik PPT Teladan 2018 dari KemenPANRB.
11. Human Initiative Award 2018 dari PKPU

Kini, Sutopo sang pahlwan kemanusiaan telah pergi untuk selamanya. Dia pergi dengan meninggalkan sejumlah prestasi.

Selamat jalan, Pak Sutopo...


Simak Video "Sosok Sutopo di Mata Tetangga dan Teman Sekolah"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]

(rdp/rdp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com