detikNews
Senin 08 Juli 2019, 00:57 WIB

Menlu Kenang Almarhum Sutopo: Seorang yang Mengabdi untuk Kemanusiaan

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Menlu Kenang Almarhum Sutopo: Seorang yang Mengabdi untuk Kemanusiaan Foto: Matius Alfons/detikcom
Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan serah terima jenazah Sutopo kepada keluarga. Dalam serah terima tersebut Retno mendoakan almarhum Sutopo dan keluarga agar diberi ketabahan dan kekuatan.

"Atas nama pemerintah dan atas nama pribadi, kami ingin mengucapkan duka cita kami yang sangat dalam atas perjuangan saudara saya, saudara kita semua, Bapak Sutopo Purwo Nugroho. Doa kami tentunya mengiringi kepergian almarhum dan untuk ibu Sutopo, anak-anak dan ibu, kami mendoakan semoga keluarga besar bapak Sutopo diberi kekuatan dalam menerima kedukaan ini," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di rumah duka kediaman Sutopo, di Raffles Hills, Cimanggis, Depok, Minggu (7/7/2019).



Gubernur Jawa Tengah Ganjar PranowoGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)


Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga terlihat melayat ke rumah duka Sutopo. Kedatangan Ganjar disambut pihak keluarga. Tak ada pernyataan yang disampaikan oleh Ganjar.

Almarhum Sutopo dikenal sebagai pribadi yang berdedikasi tinggi. Bagi Retno, Sutopo adalah putra terbaik yang dimiliki bangsa.

"Almarhum adalah seorang yang baik, almarhum adalah seorang yang pandai, almarhum adalah seorang yang memiliki dedikasi yang sangat tinggi untuk mengabdi dan untuk kemanusiaan. Kita semua kehilangan seorang anak bangsa yang baik, kita semua kehilangan, marilah kita iringi kepulangan almarhum dengan doa kita," sambungnya.



Kepulangan jenazah Sutopo juga dibantu oleh KJRI Guangzhou, China. Menurut Retno kepulangan jenazah Sutopo relatif dilakukan dalam waktu yang singkat.

"Dalam kesempatan ini saya ingin mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu kepulangan jenazah dari Guangzhou ke Jakarta. Pihak KJRI Guangzhou dan otoritas di RRT yang telah banyak membantu sehingga kepulangan jenazah dapat kita selesaikan dapat kita lakukan dalam waktu yang relatif singkat. Sekali lagi duka cita kami yang sangat dalam dan secara resmi kami serahkan jenazah almarhum bapak Sutopo kepada pihak BNPB," sambung Retno.


Simak Video "Persiapan Makam Sutopo di Boyolali"

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Jokowi-SBY Kirim Karangan Bunga Untuk Sutopo"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com