detikNews
Minggu 07 Juli 2019, 00:51 WIB

Wali Kota Sukabumi Canangkan Festival Aya-aya Wae Jadi Event Tahunan

Syahdan Alamsyah - detikNews
Wali Kota Sukabumi Canangkan Festival Aya-aya Wae Jadi Event Tahunan Festival Aya-aya Wae di Sukabumi (Foto: Syahdan Alamsyah/detikcom)
Sukabumi - Penutupan Festival Aya-aya Wae Police Expo yang merupakan rangkaian HUT Bhayangkara ke-73 di Sukabumi berlangsung meriah. Walikota Sukabumi Achmad Fahmi mengatakan akan mencanangkan festival ini menjadi acara tahunan di Sukabumi.

"InsyaAllah, event Festival Aya-aya Wae akan kita canangkan menjadi event tahunan Kota Sukabumi. Acara yang menjadi rangkaian HUT Bhayangkara yang di inisiasi oleh bapak kapolres akan kita buat lebih besar lagi tahun depan," ujar Fahmi saat memberikan sambutan, di Jalan RE Martadinata, Kota Sukabumi, Sabtu (6/7/2019).



Fahmi menilai Festival Aya-aya Wae mampu mempersatukan warga Kota Sukabumi dari berbagai kalangan. Seluruh komunitas juga bahkan kompak mengisi stan-stan yang disiapkan oleh panitia.

"Beragam budaya dan kultur melebur dalam acara ini, ini merupakan iklim yang baik untuk Kota Sukabumi. Seluruh rangkaian acara juga berjalan dengan kondusif, karena rasa saling memiliki yang kuat menjadi atmosfir utama yang menaungi suksesnya festival ini," katanya.

Terpisah, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro mengatakan festival ini merupakan rangkaian HUT Bhayangkara. Dia berharap, festival ini dapat mengangkat potensi seni budaya dan ekonomi kreatif di Sukabumi.

"Kota Sukabumi adalah kota yang masyarakatnya kreatif, semuanya ada di kota ini. Ini adalah kekuatan dan daya tarik hingga acara yang kami gagas ini dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.



Susatyo juga tidak menyangka respons positif masyarakat yang begitu besar sejak Jumat (5/7) hingga penutupan acara pada hari ini. Menurutnya, warga Sukabumi tampak antusias mengikuti Festival Aya-aya Wae ini.

"Luar biasa, catatan kami satu hari belasan ribu pengunjung datang dan memadati stan-stan di lokasi festival. Puncaknya besok masih dalam rangkaian peringatan hari Bhayangkara, kita bersyukur acara ini telah dicanangkan menjadi agenda tahunan Kota Sukabumi," tutur Susatyo.

Festival Aya-aya Wae ini menampilkan beragam peragaan seni dan budaya mulai dari tradisional hingga modern. Pantauan detikcom, ribuan warga tampak memadati lokasi acara di Jalan RE Martadinata, Kota Sukabumi.

Simak Video "Lerai Perkelahian, Polisi Keluarkan Tembakan Peringatan"
[Gambas:Video 20detik]

(sya/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com