detikNews
Sabtu 06 Juli 2019, 22:00 WIB

Basarnas Evakuasi Kru RS Apung Gratis yang Mati Mesin di Manokwari

Jabbar Ramdhani - detikNews
Basarnas Evakuasi Kru RS Apung Gratis yang Mati Mesin di Manokwari Basarnas evakuasi awak kapal Krulis RSA Lie Dharmawan yang mati mesin di perairan Manokwari (Dok. Basarnas)
Jakarta - Basarnas mengevakuasi seluruh awak kapal Krulis Rumah Sakit Apung (RSA) Lie Dharmawan karena mengalami mati mesin di perairan Manokwari, Papua Barat. Laporan kapal mati mesin diterima petugas komunikasi Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Manokwari.

"Dalam perjalanan dari Tual menuju Biak, kapal mengalami mati mesin di Perairan Manokwari tepatnya Pantai Sidey. Diketahui kapal berangkat pada 2 Juli 2019 pukul 12.00 WIT lalu mengalami mati mesin, Jumat, 5 Juli pukul 12.30 WIT," demikian keterangan Basarnas seperti dikutip dari situs resminya, Sabtu (6/7/2019).

Laporan kapal mati mesin disampaikan kapten kapal Krulis RSA, Wahyono Handoko. Wahyono meminta bantuan Basarnas untuk evakuasi kapal ke pinggir pantai agar bisa menurunkan jangkar dan awak kapal ke darat.


Satu tim rescue diterjunkan menuju lokasi dengan membawa dua perahu karet, satu mobil rescue, dan satu truk personel lewat jalur darat. Setelah tiba di Pantai Sidey pukul 19.45 WIT, tim rescue menurunkan dua perahu karet menuju kapal Krulis RSA yang berada di 8 mil laut dari tepi pantai.

Basarnas Evakuasi Kru RS Apung Gratis yang Mati Mesin di ManokwariFoto: Dok. Basarnas

"Pada saat personel tiba di atas kapal, tim menemukan keenam kru kapal dalam keadaan selamat lalu berkoordinasi dengan nakhoda yang turun ke darat untuk mencari kapal penarik," katanya.

Tim lalu bergerak ke dua arah. Satu perahu karet mengevakuasi awak dan nakhoda kapal Krulis, perahu karet lainnya melanjutkan perjalanan ke Manokwari untuk mencari kapal penarik.


Personel akhirnya berkoordinasi dengan nakhoda kapal Citra Agung untuk menarik kapal Krulis RSA ke Manokwari pada Sabtu (6/7) pukul 03.00 WIT. Kemudian dilakukan penarikan Kapal Krulis RSA menggunakan Kapal Citra Agung ke Manokwari.Terlunta Para Pencari Suaka di Kebon Sirih

RSA Lie Dharmawan merupakan rumah sakit apung swasta pertama di Indonesia yang telah berlayar mengelilingi berbagai pulau Indonesia. Menggunakan kapal kayu, RSA Lie Dharmawan memberikan pelayanan kesehatan gratis.



Simak Video "Basarnas Siaga Personel Selama Operasi Lebaran 2019"
[Gambas:Video 20detik]

(jbr/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com