detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 21:50 WIB

Balai Pertanian Medan Musnahkan Durian-Anak Burung Ilegal dari Malaysia

Budi Warsito - detikNews
Balai Pertanian Medan Musnahkan Durian-Anak Burung Ilegal dari Malaysia Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan. (Foto: Budi Warsito/detikcom)
Deli Serdang - Berbagai jenis komoditas ilegal dimusnahkan Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan. Komoditas asal Malaysia yang masuk ke Indonesia itu terdiri dari sayuran, buah-buahan, dan hewan.

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan Hafni Zahara mengungkapkan, komoditas pertanian yang berhasil ditahan petugas karantina ini di antaranya, 22 ekor anak burung wambi, 48 kg durian musang king, 20 kg benih sayuran, dan 0.025 kg benih cabai.

"Petugas kami menahan media pembawa karantina pertanian tersebut dikarenakan tidak dilengkapi dokumen kesehatan saat masuk Bandara Internasional Kualanamu dan bukan melalui tempat pemasukan resmi yang telah ditetapkan sesuai dengan permentan no 42 tahun 2012," kata Hafni di Kantor Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan, di Jalan Dusun Lestari, Desa Pasar V Kebun Kelapa, Beringin, Deli Serdang, Sumut, Jumat (5/7/2019).



Barang bukti hasil sitaan yang dimusnahkan, merupakan hasil penindakan selama dua bulan yakni pada Mei dan Juni 2019. Seluruh komoditas ilegal ini dimusnahkan dengan cara dibakar.

"Ditangkap di Terminal Kedatangan Internasional Bandara Kualanamu. Barang sitaan ini kebanyakan dari perorangan," timpalnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Karantina Pertanian Ali Jamil menyampaikan, tugas Badan Karantina Pertanian menjaga dan memastikan agar barang-barang yang diimpor tanpa berkas tidak masuk ke tanah air. Dia meminta agar jajarannya tak menerima suap.

"Saya minta stop suap, stop pungli dan gratifikasi untuk menjaga negeri ini," pungkasnya.

Simak Video "Penangkaran Ular Deli Serdang"
[Gambas:Video 20detik]

(idn/idn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com