detikNews
Jumat 05 Juli 2019, 02:26 WIB

Rombongan Bus yang Kecelakaan di Baluran Batalkan Perjalanan ke Bali

Ardian Fanani - detikNews
Rombongan Bus yang Kecelakaan di Baluran Batalkan Perjalanan ke Bali Kecelakaan di Hutan Baluran, Jatim. (Ghazali Dasuqi/detikcom)
Banyuwangi - Kecelakaan karambol di Hutan Baluran, yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, membuat rombongan guru dan pengawas taman kanak-kanak (TK) dari Kabupaten Gresik batal melanjutkan perjalanan menuju Bali. Mereka kembali ke Gresik setelah terjadi insiden ini.

"Kita balik saja. Karena banyak korban luka dan satu orang meninggal dunia," ujar Prawoto, salah satu pengawas TK, kepada detikcom, Kamis (4/7/2019).


Sedianya, para guru dan pengawas TK dari Gresik ini berencana jalan-jalan ke Bali. Keberangkatan dilakukan sejak Kamis pagi.

"Kita mengisi hari libur ke Bali. Bersama rombongan guru TK," tambahnya.

Kecelakaan tersebut, kata Prawoto, merenggut nyawa satu guru TK dari Gresik. Masrukah (55), warga Usman Sadar 4/9 RT 01 RW 02 Desa Karang Turi, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, meninggal dunia setelah mengalami cedera di kepala hingga mengakibatkan meninggal dunia.


"Kami berduka. Tidak elok jika lanjutkan perjalanan ke Bali. Jenazah sudah dibawa ambulans ke rumah duka. Sementara bus lain juga kembali ke Gresik," pungkasnya.

Kecelakaan beruntun melibatkan enam kendaraan terjadi di jalan raya pantura Hutan Baluran, Situbondo, Kamis (4/7) sore. Masing-masing, dua bus pariwisata membawa rombongan guru asal Gresik, dua unit truk, sebuah minibus, dan pikp jenis L-300. Akibat kejadian ini, arus lalu lintas di jalan raya setempat langsung macet.

Kendaraan yang hendak melintas, baik dari arah Surabaya maupun Banyuwangi, tak bisa bergerak. Sebab, dua truk yang terlibat kecelakaan sama-sama terguling. Bahkan, salah satunya, jenis truk Fuso, terguling dan melintang di ruas jalan. Sebagian muatannya tumpah dan berserakan di jalan.

Selain menimbulkan kemacetan, kecelakaan ini menyebabkan sejumlah penumpang kendaraan yang terlibat kecelakaan mengalami cedera, bahkan kabarnya ada beberapa orang yang meninggal dunia. Dalam insiden ini, sopir minibus jenis Suzuki Ertiga BP-1096-ME cukup lama terjepit di kabin mobilnya yang ringsek parah.

Simak Video "Tabrakan Frontal 3 Motor di Pasuruan, Kakek-Nenek dan Cucunya Tewas"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed