detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 19:22 WIB

Jadi Saksi Sidang Suap Hibah KONI, Menpora Puji Prestasi Terdakwa

Zunita Putri - detikNews
Jadi Saksi Sidang Suap Hibah KONI, Menpora Puji Prestasi Terdakwa Menpora Imam Nahrawi di PN Tipikor Jakarta. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi sempat memuji Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Mulyana di persidangan. Imam mengaku Mulyana telah berjasa bagi penyelenggaraan Asian Games 2018.

"Prof Mulyana, beliau guru besar, dipilih sebagai deputi, lewat sidang TPA yang dilaksanakan oleh presiden, sehingga membantu kami, dan membantu sukses Asian Games secara prestasi. Terima kasih Pak Mulyana," ujar Imam saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).




Tak hanya itu, Imam juga kembali memuji Mulyana saat ditanya oleh jaksa KPK terkait tugas pokok seorang menteri. Imam mengaku, berkat Mulyana, perhelatan Asian Games dapat berjalan dengan baik.

"Saya sebagai pembantu Bapak Presiden, membantu bidang olahraga, dibebankan tugas dan amanat untuk tingkatkan prestasi olahraga, membudayakan olahraga, kemudian berdayakan pemuda, sekaligus mengembangkan para pemuda di Tanah Air untuk mencapai cita-cita, mencapai tujuan akhir. Dan tugas itu dilaksanakan sebaik-baiknya," katanya.

"Terutama alhamdulillah, saya juga terima kasih kepada Pak Mulyana, deputi kami yang secara prestasi, Asian Games yang ditugaskan Pak Presiden ini betul-betul terlaksana sukses, prestasinya betul bersejarah," imbuh Imam.




Seperti diketahui, Mulyana saat ini duduk sebagai terdakwa kasus suap pejabat Kemenpora. Mulyana didakwa menerima uang senilai Rp 400 juta dan mobil Fortuner dari Sekjen KONI Ending Fuad Hamidy dengan maksud untuk mempercepat proses pencairan dana hibah yang diajukan KONI ke Kemenpora.

Selain Mulyana, ada staf Kemenpora, Adhi Purnomo dan Eko Triyanto, yang didakwa menerima suap Rp 215 juta dari Ending Fuad Hamidy. Perbuatan pemberian suap yang dilakukan Hamidy bersama-sama dengan Bendahara KONI Johny E Awuy.

Simak Video "Sepinya Rumah Menpora Usai Jadi Tersangka KPK"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com