detikNews
Kamis 04 Juli 2019, 14:57 WIB

Gelar Festival Indonesia Ke-4 di Moskow, KBRI Targetkan 140 Ribu Pengunjung

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Gelar Festival Indonesia Ke-4 di Moskow, KBRI Targetkan 140 Ribu Pengunjung Dubes RI untuk Rusia, Belarus, M Wahid Supriyadi, di Kantor Kemenlu (Marlinda/detikcom)
Jakarta - KBRI Moskow akan menggelar Festival Indonesia keempat di Moskow pada 2-4 Agustus 2019 mendatang. Ditargetkan, setidaknya 140 ribu warga Rusia mengunjungi festival tersebut.

"Dengan tema 'Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise', ditargetkan Festival akan dikunjungi oleh sekitar 140 ribu orang warga Rusia," ujar Dubes RI untuk Rusia, Belarus, M Wahid Supriyadi, di Kantor Kemenlu, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2019).


Wahid mengungkapkan Festival Indonesia akan digelar di Taman Krasnaya Presnya, Moskow, Rusia. Sejumlah kepala daerah hingga pelaku usaha akan menghadiri festival yang sudah digelar keempat kalinya ini.

"Festival akan dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Indonesia, seperti dari Kementerian terkait dan pemerintah daerah (gubernur, bupati, wali kota), para pelaku usaha, termasuk usaha kecil dan menengah (UKM), tim kesenian, media, dan lainnya. Berbagai daerah dan juga berbagai perusahaan di Indonesia akan mempromosikan potensinya masing-masing dan menjalin kerja sama dengan mitranya di Rusia," tuturnya.


Dalam festival itu, kata Wahid, akan ditampilkan beragam produk, kebudayaan, dan kesenian khas Indonesia. Tujuannya adalah memperkenalkan produk, kesenian, dan kebudayaan Indonesia kepada warga Rusia.

"Festival akan menampilkan pameran berbagai produk Indonesia, seperti kopi, pakaian, aksesoris, kuliner Nusantara, kerajinan, dan lainnya. Pada festival akan dipersembahkan juga berbagai pagelaran seni dan budaya dari berbagai daerah Indonesia, baik lagu, tarian, maupun permainan alat musik. Termasuk wayang kulit," kata Wahid.

"Selain itu, festival akan dimeriahkan juga oleh master class tari dan alat musik tradisional, workshop batik, kelas bahasa Indonesia, fashion show dari para desainer Indonesia, cooking class masakan/kuliner Nusantara, barista kopi Indonesia, dan lainnya," sambung dia.


Tak hanya festival, Wahid mengatakan, pihaknya juga akan menggelar Forum Bisnis Indonesia-Rusia. Forum yang merupakan rangkaian acara dari Festival Indonesia itu akan digelar pada 1 Agustus 2019.

"Festival Indonesia ke-4 akan didahului oleh Forum Bisnis Indonesia-Rusia dan business matching pada 1 Agustus 2019. Forum bisnis ini akan dihadiri oleh pejabat dan pelaku bisnis kedua negara," ungkap Wahid.


Wahid mengatakan saat ini sudah banyak pelaku usaha khususnya usaha kecil dan menengah (UKM) serta pemerintah daerah yang akan berpartisipasi dalam Festival Indonesia di Moskow.

"Jabar, Jateng, DIY, Jatim, Aceh, Kepulauan Riau, Papua Barat, ini yang sudah confirm. Beberapa pengusaha juga akan hadir," pungkasnya.

Simak Video "Usaha MUFFEST Jadikan Indonesia Kiblat Fashion Muslim Dunia"
[Gambas:Video 20detik]

(mae/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com