detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 18:42 WIB

Wiranto Minta Investigasi Rusuh 21-22 Mei Cepat Selesai, Ini Kata Polri

Audrey Santoso - detikNews
Wiranto Minta Investigasi Rusuh 21-22 Mei Cepat Selesai, Ini Kata Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menginginkan Polri segera menuntaskan investigasi kerusuhan 21-22 Mei. Polri menjawab normatif atas permintaan Wiranto tersebut.

"Polri tetap pada prinsip bekerja secara profesional, proporsional, dan sesuai fakta dan bukti untuk menyelesaikan semua kasus yang berkaitan dengan kerusuhan 21 dan 22 Mei," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (3/7/2019).



Dedi menjelaskan tim penyidik terus mengumpulkan bukti-bukti untuk merampungkan proses investigasi. Dia meminta dukungan dari seluruh elemen agar penanganan kasus tersebut cepat selesai.

"Maka kami juga mohon dukungan dan doa kepada seluruh masyarakat, seluruh elemen," ucap Dedi.



Wiranto sebelumnya mengutarakan keinginannya agar investigasi Polri terkait kerusuhan tersebut segera selesai. Wiranto menilai investigasi kerusuhan 22 Mei dilakukan dengan baik oleh polisi.

"Kalau hampir rampung ya bagus. (Soal dalang kerusuhan) tanya Polri, kan sudah masuk proses penyidikan di Polri, bukan di Polhukam," kata Wiranto saat ditemui di kantornya, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

Pada 2 Mei 2019, Dedi melaporkan proses investigasi kasus kerusuhan 22 Mei. Dedi menyebut proses investigasi kasus tersebut hampir rampung.

"Dari tim investigasi gabungan bisa dikatakan hampir 90 persen penanganannya. Sudah cukup komprehensif. Namun saya juga masih menunggu update secara lengkapnya," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (2/7/2019).

Hasil investigasi akan disampaikan Polri bersama Komnas HAM, Kompolnas, dan Ombudsman RI (ORI). Penyampaian hasil investigasi harus dilakukan bersama-sama sesuai kesepakatan ketua tim investigasi, yaitu Irwasum Komjen Moechgiyarto, dan para pimpinan lembaga yang menjadi mitra.





Simak Juga 'Temuan Sederet Dugaan Pelanggaran HAM di Penanganan Aksi 21-22 Mei':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Wiranto Tegaskan Pengakuan Tersangka Kerusuhan 22 Mei Bukan Karangan!"
[Gambas:Video 20detik]

(aud/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com