detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:56 WIB

Lantik Djamaludin Jadi Sesjen Wantannas, Wiranto Bicara Fokus Bela Negara

Zakia Lilland Fajriani - detikNews
Lantik Djamaludin Jadi Sesjen Wantannas, Wiranto Bicara Fokus Bela Negara Foto: Menko Polhukam Wiranto melantik Laksamana Muda A. Djamaludin sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas). (Zakia-detikcom)
Jakarta - Menko Polhukam Wiranto melantik Laksamana Muda A. Djamaludin sebagai Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) menggantikan Letnan Jenderal TNI Doni Monardo. Wiranto berharap pergantian jabatan ini mampu meningkatkan kinerja.

"Saya mengucapkan selamat kepada pejabat baru saudara Laksda TNI Ahmad Jamaludin, semoga jabatan baru ini merupakan jalan bagi peningkatan pengabdian kepada bangsa dan negara yang tercinta," kata Wiranto dalam sambutannya di Ruang Parkesit, gedung Utama Kemenko Polhukam, Jl. Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2018).


Wiranto yakin Djamaludin sangat paham soal Wantannas. Wiranto juga berharap Wantannas bisa menjabarkan soal bela negara.

"Pergantian sekarang sangat tepat karena kesinambungan cepat terbangun karena yang mengganti sudah paham apa yang harus dilakukan. Termasuk bela negara, bela negara juga masih ada beberapa versi seakan-akan hanya ancaman militer, publik pahamnya gitu, kan tidak," ujarnya.

Padahal, lanjut Wiranto, banyak yang bukan ancaman militer dan mulai dalam dimensi kehidupan masyarakat. Dia mencontohkan seperti ancaman ekonomi, pangan, narkotika, terorisme, illegal fishing, illegal logging, human traficking,

"Semua ancaman baru, Wantannas bisa jabarkan ancaman apa dan cara penanganan bagaimana, disosialisasikan ke masyarakat untuk tingkatkan ketahanan nasional dan sistem bela negara yang dipahami masyarakat, fokusnya itu," tuturnya.

Djamaludin sebelumnya adalah Kepala Deputi IV Pertahanan Negara di Kemenko Polhukam. Sudah lama bergabung dalam Kemenko Polhukam, Wiranto yakin Djamaludin telah mengetahui tugasnya di Wantannas dan mampu memimpin dengan baik.

"Saya yakin dan percaya dengan latar belakang pendidikan dan penugasan sebelumnya, dan berpengalaman di berbagai wilayah, saudara akan mampu melaksanakan tugas memimpin organisasi dewan ketahanan nasional yang sebaik-baiknya," lanjutnya.

Sebagai Sesjen Wantannas, Djamaludin akan membantu presiden dalam merumuskan kebijakan strategis dan memberikan saran perihal pembinaan pertahanan nasional. Selain itu, Djamaludin juga membantu presiden menyusun perkiraan risiko pembangunan nasional.


Sementara, Doni Monardo resmi menjabat Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sejak dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara Rabu (9/1/2019). Wiranto mengatakan Doni masih dibutuhkan di BNPB.

"Doni Monardo masih dibutuhkan di BNPB karena dia pantas di sana tangani bencana di RI," ucap Wiranto saat ditemui wartawan.

Simak Video "Bamsoet soal Penusukan Wiranto: Bongkar Jaringannya Sampai ke Akar"
[Gambas:Video 20detik]

(idh/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com