detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:30 WIB

Khofifah Bantah Rommy soal Beri Rekomendasi Haris Hasanudin

Zunita Putri - detikNews
Khofifah Bantah Rommy soal Beri Rekomendasi Haris Hasanudin Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Mantan Ketua Umum PPP Romahurmuziy alias Rommy pernah mengatakan soal adanya rekomendasi dari Khofifah Indar Parawansa sebagai Gubernur Jawa Timur (Jatim) untuk Haris Hasanudin demi jabatan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jatim. Namun Khofifah membantahnya.

"Apakah betul Saudara merekomendasikan Pak Haris ke Romahurmuziy agar Pak Haris jadi Kakanwil Kemenag Jatim agar bisa bersinergi dengan Pemprov Jawa Timur?" tanya jaksa dalam persidangan lanjutan dengan terdakwa Haris di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Rabu (3/7/2019).

"Tidak," jawab Khofifah.


Meski demikian, Khofifah mengaku pernah berkomunikasi dengan Rommy melalui WhatsApp. Mulanya, dalam komunikasi itu, Rommy meminta Khofifah datang berkampanye. Saat itu, Khofifah teringat tentang 'titipan' pertanyaan dari tokoh ulama Jatim Kiai Asep Saifuddin Chalim.

"Karena saya diminta oleh Kiai Asep tanya bahwa Pak Haris sudah selesai dan masuk nominator utama kenapa tidak dilantik-lantik. Saya diminta tanya (oleh Kiai Asep), kebetulan Mas Rommy WA (WhatsApp), jadi saya jawab di WA itu 'Awas kanginen'. Terus Pak Rommy jawab WA, 'Itu apa yang dimaksud ini Haris?' Saya jawab, 'Iya'," kata Khofifah.

"Oh kanginen (maksudnya) keburu masuk angin? Kira-kira begitu ya?" tanya jaksa KPK.

"Iya," singkat Khofifah.


Khofifah mengaku menanyakan itu pada Rommy semata-mata karena diminta oleh Kiai Asep. Pun Khofifah mengaku sudah lama tidak berkomunikasi dengan Rommy.

Sebelumnya, ketika Rommy bersaksi dalam sidang yang sama pada Rabu, 26 Juni 2019, tersebutlah nama Khofifah sebagai pemberi rekomendasi Haris untuk jabatan tersebut. Rommy pun mengaku hanya meneruskan rekomendasi tanpa ada embel-embel uang.

"Saya pikir alangkah tidak sopannya saya, seseorang yang direkomendasikan oleh orang yang saya hormati, yaitu Bu Khofifah dan Kiai Asep, kemudian saya materialisir. Maka kemudian saya menyampaikan, 'Nggak usah repot-repot, Pak Haris.' Kira-kira begitu. Tapi Pak Haris bilang, 'Tolong, Gus, ini diterima, (saya) ikhlas, tulus'," ucap Rommy saat bersaksi dalam sidang itu.

Simak Video "Staf Ahli Menag Sebut Haris Hasanuddin Dizalimi"
[Gambas:Video 20detik]

(zap/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com