detikNews
Rabu 03 Juli 2019, 15:34 WIB

Tambang Milik Anggota DPRD Maros Didemo Warga karena di Tempat Keramat

M Bakrie - detikNews
Tambang Milik Anggota DPRD Maros Didemo Warga karena di Tempat Keramat Lokasi tambang yang didemo warga. (Bakrie/detikcom)
Maros - Tambang galian C milik seorang anggota DPRD Maros, Sulawesi Selatan, yang sekaligus Ketua Partai Demokrat Maros, Amirullah Nur, didemo warga. Tambang itu berada di lokasi yang dianggap warga sebagai tempat keramat.

Aktivitas penambangan tanah uruk itu terletak di desa Pattontongan, Kecamatan Mandai, Maros, dengan luas 4,9 hektare. Aktivitas tambang dikhawatirkan merusak sebuah tempat yang selama ini dikeramatkan oleh warga. Tempat keramat itu berupa batu yang berada di atas area pertambangan. Hampir tiap pesta panen warga selalu membawa sesajen ke batu tersebut.

"Jadi kami dari Komisi II itu sudah turun langsung melihat kondisinya. Nah, makanya kami minta agar diberhentikan dulu sementara sampai ada kesepakatan kedua belah pihak. Betul itu milik Pak Amrilullah Nur," kata Ketua Komisi II DPRD Maros, Hasmin Badoa, Rabu (3/7/2019).


Hasmin mengatakan tambang itu untuk sementara dihentikan dulu operasionalnya. Dia menjelaskan penyetopan ini bukan karena izin tetapi karena pemilik menghormati budaya warga.

"Jadi masalahnya bukan karena izin. Perusahaannya sudah mengantongi IUP dari Provinsi sampai 2022. Kami hanya ingin masalah ini bisa cepat selesai makanya kita berhentikan sementara dulu," lanjut Hasmin.

Anggota DPRD Maros, Amirullan Nur, selaku pemilik tambang mengaku tidak mempermasalahkan penghentian sementara aktivitas pertambangan miliknya itu. Menurutnya, sebagai anggota DPRD, ia harus menjadi contoh. Saat ini pihaknya telah sepakat dengan warga agar tempat keramat itu diturap.

"Jadi bukan berarti itu milik saya, lalu teman-teman saya tidak berani menghentikan kalau ada masalah begini. Justru saya yang malah meminta ke teman-teman saya kalau itu dihentikan dulu sampai ada kesepakatan dengan warga," kata Amirullah di lokasi yang sama.


Saat ini, DPRD Maros tengah membentuk tim terkait untuk menertibkan semua tambang yang bermasalah di wilayah Maros. Dari yang memiliki izin tapi sudah kedaluwarsa hingga tambang-tambang yang beroperasi secara ilegal.

Simak Video "Ledakan Tambang Perusahaan Semen Rusak Rumah Warga, Polisi Turun Tangan"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com