detikNews
2019/07/03 08:49:26 WIB

Round-Up

Sikap MUI dan Takmir soal Update Kasus Anjing Masuk Masjid

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Sikap MUI dan Takmir soal Update Kasus Anjing Masuk Masjid Masjid Al Munawaroh (Foto: Jefrie Nandy Satria/detikcom)


"Karena kita sudah sepakat bahwa pendiri negara kita bukan negara agama, tapi negara yang hidup agama-agama di sana, dan toleransi umat beragama hari ini sampai ke depan kita harus diwujudkan. Dan kami umat Islam siap untuk saling menghormati antaragama dengan agama yang lain, karena ini sudah berjalan cukup lama dibandingan dengan negara-negara yang lain, kerukunan antarumat beragama di Indonesia merupakan kerukunan yang bisa dicontoh negara-negara lain," tambahnya.


Kasus ini masih ditangani Polres Bogor. Setelah menetapkan SM sebagai tersangka, polisi memutuskan menahan perempuan tersebut.

Sikap MUI dan Takmir soal Update Kasus Anjing Masuk MasjidSM membawa anjingnya masuk ke masjid. (Foto: Tangkapan layar video)

Kepala RS Bhayangkara Said Sukanto (RS Polri) Brigjen Musyafak menyatakan SM, perempuan yang masuk membawa anjing ke Masjid Jami Al-Munawaroh mengalami gangguan jiwa tipe skizofrenia tipe paranoid dan skizoafektif. Saat ini, SM masih berada di RS Polri untuk diobservasi kejiwaannya. Pihak keluarga menyebut SM memiliki riwayat gangguan kejiwaan dengan menunjukkan bukti perawatan kejiwaan dari dua rumah sakit.

Sementara itu, Polres Bogor tetap meneruskan kasus ini hingga pengadilan. Perbuatan pidana SM akan tetap disidik. Nantinya hasil pemeriksaan ahli jiwa terhadap kondisi kejiwaan SM akan disampaikan di muka pengadilan.


"Saya tekankan bahwa kasus ini terhadap tersangka kita kenakan Pasal 156 KUHP, 156a KUHP. Kita pastikan bahwa kasus ini tetap dilaksanakan penyidikannya. Lanjut. Kalaupun nanti hasil dari kejiwaan tersebut, pemeriksaan kejiwaan, memang memiliki gangguan kejiwaan, seperti yang dimaksud pada Pasal 44 ayat 2 KUHP, kejiwaan, itu semua nanti akan diputuskan di pengadilan. Jadi atas keputusan hakim di pengadilan," kata AKBP Dicky di Mapolres Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (2/7).

SM dan anjingnya masuk ke masjid pada Minggu (30/6) sebelum pukul 13.00 WIB kemarin. Awalnya, SM datang ke masjid mengendarai mobilnya. Dia parkir di tempat parkir mobil imam dan pengurus yayasan. SM melangkah masuk masjid tanpa membuka sepatu bersama anjingnya.


Simak Juga "Karpet Masjid di Bogor Diganti Baru Usai Dimasuki Anjing":

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com