detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 17:39 WIB

Listrik di Jalur LRT Palembang Diputus, Pemkot: Bukan Tanggung Jawab Kami

Raja Adil Siregar - detikNews
Listrik di Jalur LRT Palembang Diputus, Pemkot: Bukan Tanggung Jawab Kami Jalur LRT Palembang gelap gulita karena listrik dipadamkan (Raja Adil Siregar/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang merasa tak bertanggung jawab terkait lampu penerangan jalan umum (PJU) yang kini diputus PLN di jalur LRT. Menurut pemkot, tunggakan itu merupakan tanggung jawab PT Waskita Karya.

"Tunggakan bukan tanggung jawab kami, itu tanggung jawab Waskita Karya selaku pemegang proyek," terang Kabag Humas Pemkot Palembang Amiruddin kepada detikcom, Selasa (2/7/2019).



Menurut Amir, selama proyek berjalan, belum ada serah-terima kepada Pemkot dari PT Waskita Karya. Maka dari itulah tanggung jawab tagihan listrik itu masih milik Waskita Karya.

Selain listrik, Amir mengatakan fasilitas lain yang belum serah terima adalah jalan dan taman, sehingga semua kerusakan dan perbaikan masih jadi tanggung jawab pemegang proyek.

"Kan belum ada serah-terima setelah ini selesai dikerjakan. Sebelum ada, artinya masih tanggung jawab mereka (Waskita), dong. Kenapa jadi kita disebut nunggak. Termasuk taman juga belum," kata Amir.



Amir mengatakan pemkot tidak menganggarkan dana khusus untuk membayar tunggakan, sehingga Pemkot tidak bisa berbuat banyak atas tunggakan PJU Rp 189 juta tersebut.

"Seharusnya memang kita, tapi kan ini belum diserahkan. Nanti kalau proyek sudah diserahkan, baru kita yang bayar. Intinya, kami tunggu serah-terima dulu," kata Amir tegas.

"Kami mau saja perbaiki taman rusak, bayar listrik, tapi nanti ini bermasalah. Maka kami tunggu dulu dan kami pun akan komunikasikan ini dengan pihak terkait PLN dan Waskita," tutupnya.



Untuk diketahui, lampu di sepanjang jalur LRT padam sejak 3 malam terakhir. PLN menyebut pemadaman listrik karena ada tunggakan listrik Rp 189 juta yang belum dibayar sejak 6 bulan terakhir.

Tunggakan listrik ada di 15 ID sepanjang jalur LRT mulai dari Bandara SMB II Palembang sampai ke Dempo di OPI Mal Jakabaring. Sampai saat ini, belum ada titik temu penyelesaian pembayaran.




Simak Juga 'LRT Palembang Masih Sepi Peminat':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "INKA: Nggak Ada LRT Mogok Lagi"
[Gambas:Video 20detik]

(ras/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com