detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 11:54 WIB

Idap Skizofrenia, Perempuan Pembawa Anjing ke Masjid Masih Diobservasi

Matius Alfons - detikNews
Idap Skizofrenia, Perempuan Pembawa Anjing ke Masjid Masih Diobservasi Perempuan membawa anjing ke masjid. (Screenshot video viral di Internet)
Jakarta - Rumah Sakit Polri menyatakan kondisi perempuan pembawa anjing ke masjid, SM, mulai membaik. Meski begitu, pihak RS Polri masih melakukan observasi terhadap SM.

"Kalau sekarang itu memang untuk dokternya dipegang dokter Henny, spesialis jiwa. Jadi sama dokternya, untuk lihat status jiwa, diobservasi dulu," kata Kepala Humas RS Polri Kramat Jati, Sari Jiwanti, saat dihubungi, Selasa (2/7/2019).



Sari menjelaskan observasi itu untuk menganalisis dugaan gangguan jiwa yang diderita SM. Sebelum diobservasi, SM juga menjalani terapi terlebih dahulu.

"Jadi kan, kalau melihat orang gimana, itu nggak bisa sehari dua hari kaya penyakit biasa. Jadi dokternya intens, setiap hari datang, lihat perkembangannya setelah dikasih terapi. Begitu," ujar Sari.



Sari mengungkapkan hasil observasi belum final. Meski begitu, menurut Sari, SM diduga menderita penyakit skizofrenia.

"Iya, memang ada sakit (skizofrenia) itu, cuma ini masih proses observasi, belum final. Final itu nanti setelah dokter memberi pernyataan itu dia termasuk apa... apa..., nggak bisa baru kemarin langsung ada," ungkapnya.



Peristiwa SM membawa anjing ke Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu terjadi pada Minggu (30/6) pukul 14.00 WIB. Dia mengaku datang ke masjid untuk mencari suaminya.

Jemaah kemudian mengusir SM karena membawa anjing ke dalam masjid. SM selanjutnya diamankan tim Polres Bogor. Setelah itu, SM dirujuk ke RS Polri untuk menjalani pemeriksaan kejiwaan.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, SM dinyatakan mengidap penyakit skizofrenia. Kondisi SM juga disebut masih agresif. Namun saat ini kondisinya mulai membaik.


Ini Kata Deddy Corbuzier Soal Anjing Masuk Masjid:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Pengurus Masjid Bantah Nikahkan Suami Wanita Pembawa Anjing"
[Gambas:Video 20detik]

(maa/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com