detikNews
Selasa 02 Juli 2019, 10:13 WIB

200 KK Terdampak Kekeringan di Cilegon, Bantuan Air Bersih Disalurkan

M Iqbal - detikNews
200 KK Terdampak Kekeringan di Cilegon, Bantuan Air Bersih Disalurkan 200 KK terdampak kekeringan di Cilegon (Foto: M Iqbal/detikcom)
Cilegon - Sebanyak 200 kepala keluarga (KK) di dua desa terdampak kekeringan. BPBD Cilegon mulai menyalurkan bantuan ke wilayah terdampak.

Sumber air di dua desa yakni Watulawang dan Gunung Batur mulai mengering. Musim kemarau yang terjadi berdampak pada sumber air yang mengering dan perlu dibantu. Warga di dua desa itu hanya mengandalkan air dari sumber di kali dekat permukiman.

"Udah (disalurkan) tapi ya nggak berhenti sekali akan rutin sampe turun hujan kembali," kata Kepala BPBD Kota Cilegon, Rasmi saat dikonfirmasi, Selasa (2/7/2019).



Bantuan air bersih kepada warga terdampak kekeringan saat ini masih mengandalkan dari BPBD. BPBD harus menunggu koordinasi dari PDAM.

"Pokoknya seminggu itu kita ada jadwal nunggu konfirmasi dari PDAM, kita nggak bisa sendiri masih nunggu konfirmasi dari PDAM ngeklopin karena PDAM juga jalan bareng," ujarnya.



Bantuan air bersih memang bersifat sementara. BPBD berharap ada langkah teknis untuk mengatasi kekurangan air di masa mendatang. Namun, menurut Rasmi, langkah itu harus melalui kajian dari Dinas Pekerjaan Umum.

Wewenang BPBD hanya sebatang penanggulangan yang bersifat sementara. Rasmi berharap ada sumber air yang dialirkan ke wilayah yang tiap tahun mengalami kekeringan.

Simak Video "BNPB: 7 Provinsi Dilanda Kekeringan"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com