detikNews
Senin 01 Juli 2019, 16:34 WIB

Viral Video 'WNA China Serbu Bandara SSK II Pekanbaru', Ini Faktanya

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Viral Video WNA China Serbu Bandara SSK II Pekanbaru, Ini Faktanya Ilustrasi bandara/detikcom
Pekanbaru - Sebuah video yang menampilkan sekelompok calon penumpang pesawat diduga WNA China viral di Pekanbaru, Riau. Namun data imigrasi tak menunjukkan adanya kelompok warga negara asing melewati bandara Sultan Syarif Kasim II dalam waktu dekat ini. Lalu siapa mereka?

Video yang diambil lewat HP ini beredar sejak Minggu (30/6/2019). Dalam rekaman berdurasi 1 menit 22 detik itu, terlihat calon penumpang yang disebut warga negara China ini ramai di pintu masuk untuk menuju ke lantai dua bandara.

Mereka mengenakan seragam seperti kostum olahraga yang berwarna merah, hijau, kuning sekaligus ada nama dan nomor punggung.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkumham Riau, Agus Santoso mengatakan bahwa dirinya baru menerima video tersebut hari ini.

"Kita sudah tanyakan ke rekan-rekan imigrasi yang ada di Bandara, bahwa tidak ada rombongan tersebut yang melalui gate internasional," kata Agus.

Menurut Agus, rombongan yang terekam dari video yang viral itu seluruhnya lewat penerbangan domestik.

"Tidak ada yang lewat di penerbangan internasional. Mereka lewat penerbangan domestik. Itu dari keterangan rekan kita imigrasi yang ada di sana," kata Agus.

Dugaannya, kata Agus, rombongan tersebut baru pulang dari acara bakar tongkang di Bagansiapiapi di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau.

"Katanya rombongan itu baru pulang dari acara bakar tongkang," kata Agus.

Walau demikian, Agus tidak mengetahui rombongan tersebut akan kembali ke daerah mana.

"Yang pasti mereka tidak melalui penerbangan internasional, semuanya domestik. Mereka mau pulang ke mana, kami tidak tahu. Silakan ditanya ke pihak Bandara SSK saja," tutup Agus.




Simak Juga 'WNA Mesir Adu Mulut Nggak Mau Ditilang di Jatinegara':

[Gambas:Video 20detik]



Viral Video 'WNA China Serbu Bandara SSK II Pekanbaru', Ini Faktanya


Simak Video "Bus Terguling di Riau 6 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]

(cha/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com