detikNews
2019/07/01 07:13:59 WIB

Round-Up

Misteri Macan Dahan Yang Mati Dikuliti

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Misteri Macan Dahan Yang Mati Dikuliti Foto ilustrasi: Macan dahan (Grandyos Zafna/detikcom)

Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) menggolongkan macan dahan dalam kategori rentan punah. Tren populasinya terus menurun. Kehidupan macan dahan terancam oleh permukiman, pertanian, pembalakan hutan, hingga peperangan di pelbagai wilayah.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau membenarkan bahwa itu adalah macan dahan. Mereka menduga pengulitan itu terjadi di Malaysia.

Misteri Macan Dahan Yang Mati DikulitiMacan dahan yang dikuliti orang, fotonya viral. (Foto: Screenshot Facebook)

"Info kawan dari Kalimantan, kejadiannya di Malaysia," kata Kepala Seksi Wilayah III BBKSDA Riau, Bintang Hutajulu, Minggu (30/6/2019).


"Saya tidak tega (melihat foto macan dahan dikuliti)," imbuhnya.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI), Siti Nurbaya Bakar mengatakan hingga saat ini pihaknya masih terus mencari sosok pelaku yang viral mengkuliti macan dahan. Dia mengaku akan mengambil langkah hukum untuk menindak pelaku.

"Sedang terus dilacak sejak kemarin, dan info sementara ternyata ini di-upload bukan di wilayah Indonesia juga posisi akun (yang mengunggah kuliti macan dahan) ini," ujar Siti di akun Twitter pribadinya, seperti dilihat detikcom.


"Saya masih tugaskan tim untuk terus lacak dan ambil langkah hukum, dalam yurisdiksi Indonesia tentunya ya," ucapnya.

Misteri yang tersisa adalah, di mana lokasi perbuatan keji terhadap macan dahan itu? Apakah itu di Indonesia atau Malaysia? Siapa pelakunya? Bagaimanakah nasib Macan di Indonesia? Semoga misteri akan terungkap.



(dnu/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com