detikNews
Minggu 30 Juni 2019, 18:36 WIB

Jokowi Bicara Peluang Parpol Koalisi Prabowo Merapat

Andhika Prasetia, Ibnu Hariyanto - detikNews
Jokowi Bicara Peluang Parpol Koalisi Prabowo Merapat Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden terpilih 2019-2024 Joko Widodo (Jokowi) enggan berspekulasi mengenai adanya parpol dari koalisi Prabowo Subianto yang merapat. Dia saat ini masih harus berbicara dengan Koalisi Indonesia Kerja (KIK), yang mengusungnya di Pilpres 2019.

"Iya masih, masih perlu waktu. Karena saya pun harus mengajak berbicara untuk yang sudah ada di dalam, yaitu Koalisi Indonesia Kerja," kata Jokowi seusai pleno penetapan presiden dan wakil presiden terpilih di gedung KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2019).


Parpol yang mengusung Prabowo di Pilpres 2019 adalah Gerindra, PKS, Partai Berkarya, PAN, dan Partai Demokrat (PD). Dua parpol terakhir beberapa kali diisukan merapat ke koalisi Jokowi pada periode 2019-2024.

Isu sejumlah parpol pendukung Prabowo merapat pun diembuskan di tengah upaya rekonsiliasi antara kubu Jokowi dan Prabowo seusai Pilpres 2019.


Terlepas dari hal tersebut, Jokowi membuka peluang setiap pihak untuk bersama-sama memajukan bangsa. Ajakan ini juga ia serukan kepada Prabowo saat berpidato seusai pleno KPU.

"Tapi seperti yang sudah sering saya sampaikan, kita akan buka siapa pun sama-sama memajukan negara ini, bersama-sama membangun negara ini," ujar Jokowi.



Tonton Video Koalisi Bubar, PAN Siap Manuver ke Pemerintah:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Rekonsiliasi Jokowi-Prabowo, Harga Mati atau Setengah Hati?"
[Gambas:Video 20detik]

(dkp/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com