detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 13:27 WIB

Cegah Kecelakaan Sellha Terulang, Anies akan Kaji Standar Keselamatan PPSU

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Cegah Kecelakaan Sellha Terulang, Anies akan Kaji Standar Keselamatan PPSU Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Foto: Dok. detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berjanji akan mengkaji ulang terkait standar keselamatan petugas Penanganan Prasaran dan Sarana Umum (PPSU) atau pasukan oranye. Anies tidak ingin kejadian yang dialami Sellha Purba terulang.

"Ya benar, jadi kita akan review kembali. Tapi kita sudah memastikan bahwa baju mereka memiliki tanda-tanda. Sudah ada sebenarnya... kalau lihat Anda perhatikan, bila mereka bekerja dalam kondisi malam hari, maka pakaian yang digunakan akan bercahaya," kata Anies kepada wartawan di RSUD Koja, Jalan Deli, Jakarta Utara, Jumat (28/6/2019).


Anies berharap warga juga selalu berhati-hati jika melintas di jalan. Dia mengimbau warga agar mengurangi kecepatan jika melihat petugas PPSU sedang bekerja.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat bahwa bila menyaksikan ada petugas sedang bekerja maka kurangi kecepatan. Ingat, para petugas ini juga punya keluarga, punya tanggung jawab di rumah," ucapnya.

Anies menyerahkan kejadian yang menimpa Sellha ke pihak yang berwajib. Dia berjanji terus memantau perkembangan kasus tersebut

"Atas kejadian kemarin, kita akan proses secara hukum. Semua yang bertanggung jawab akan diproses sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku," ucap Anies.

Sebelumnya, musibah menimpa Sellha Purba, anggota PPSU Kelapa Gading yang sempat viral di media sosial. Sellha ditabrak sepeda motor saat sedang bertugas membersihkan jalan pada Selasa (25/6) pukul 05.30 WIB di Jalan Raya Kelapa Nias, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Akibatnya, Sellha harus menjalani operasi.


Anies hari ini menjenguk Sellha Purba, yang tertabrak sepeda motor saat bertugas. Anies mengatakan semua biaya pengobatan sudah dijamin oleh BPJS dan Pemprov DKI Jakarta.

"Insyaallah semua kebutuhan untuk penanganan biaya dan lain-lain itu akan ditanggung semuanya. Kebetulan kita memiliki kerja sama juga dengan BPJS, Jasa Raharja. Pemprov DKI juga akan bertanggung jawab atas semua biaya-biaya yang keluar akibat kejadian kemarin," kata Anies kepada wartawan di RSUD Koja, Jalan Deli, Jakarta Utara, Jumat (28/6).



Simak Juga 'Blak-blakan Anies Baswedan: Menjawab Tuduhan Ingkar Janji':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Gaet Kampus Jerman, Anies Mau Jakarta Ramah Disabilitas"
[Gambas:Video 20detik]

(fdu/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com