detikNews
Jumat 28 Juni 2019, 09:36 WIB

PDIP: Visi Prabowo Punya Banyak Kesamaan, Lebih Mudah Bertemu

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
PDIP: Visi Prabowo Punya Banyak Kesamaan, Lebih Mudah Bertemu Prabowo Subianto (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - PDIP menilai visi capres Prabowo Subianto mempunyai banyak kesamaan dengan Nawacita yang diusung capres petahana Joko Widodo (Jokowi). PDIP menyebut banyak pihak yang terinspirasi dari konsep Trisakti Presiden pertama RI Sukarno.

"Sejak kontestasi dimulai, kami menilai visi Pak Prabowo memiliki banyak kesamaan dengan visi NawaCita. Banyak yang terinspirasi dari konsep Trisakti Bung Karno tentang kedaulatan politik, keberdikarian ekonomi dan kepribadian dalam kebudayaan," kata Ketua DPP PDIP Hendrawan Supratikno kepada wartawan, Jumat (28/6/2019). Hendrawan menjawab pertanyaan soal sinyal politik dari pidato Jokowi-Prabowo dan kemungkinan koalisi.



Hendrawan mengatakan gagasan yang kerap diutarakan Prabowo telah diperjuangkan PDIP. Dia menyebut pertemuan dengan Prabowo akan lebih mudah sebab adanya kesamaan visi.

"Dalam sejumlah kesempatan saya menyampaikan, apa yang disampaikan Pak Prabowo justru yang selama ini banyak diperjuangkan oleh PDI-P melalui kerja-kerja politik kepartaian. Jadi, bila visi banyak kesamaan, tentu lebih mudah bertemu. Tinggal bicara soal strategi dan program pencapaiannya," ujar dia.



Namun Hendrawan menyerahkan sepenuhnya keputusan mengenai koalisi kepada Jokowi. Menurut dia, persatuan bangsa merupakan hal yang paling utama.

"Soal koalisi tentu akan diputuskan oleh prediden & ketum-ketum partai pengusung. Yang jelas, persatuan nasional dan pemantapan ideologi bangsa memang harus diarusutamakan," imbuh dia.



Simak Juga 'PDIP: Jokowi-Amin adalah Presiden dan Wakil Presiden Kita Semua':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Karangan Bunga Prabowo Nongol di Kongres PDIP"
[Gambas:Video 20detik]

(knv/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com