detikNews
2019/06/28 08:06:04 WIB

Round-Up

Jika Jokowi Suka Jersey '10' Argentina, Tinggal Bayar pada Negara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Jika Jokowi Suka Jersey 10 Argentina, Tinggal Bayar pada Negara Jokowi dapat jersey timnas Argentina dari Mauricio Macri Description (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)


KPK pernah mengumumkan 10 nama besar pelapor gratifikasi. Nama Jokowi ada di urutan teratas dengan nilai total laporan gratifikasi mencapai Rp 58 miliar.

Dari data yang didapat detikcom dari KPK, Jumat (23/3/2018), daftar itu merupakan pelaporan dari periode 2015 hingga 2018 (per bulan Maret).

Cerita Jokowi menyerahkan gratifikasi ke KPK terjadi beberapa kali. Jokowi menyerahkan pemberian dari pihak dalam maupun luar negeri.

Terakhir yang diingat ialah dua ekor kuda jantan jenis Sandalwood yang diterima dari warga Sumba, NTT. Setelah dilaporkan ke KPK, dua ekor kuda itu jadi milik negara.


Bukan cuma cerita soal lapor barang gratifikasi. Jokowi juga pernah membeli lagi piringan hitam atau vinyl grup musik Metallica yang sebelumnya sempat dilaporkan ke KPK.

Jokowi menebus vinyl tersebut seharga Rp 11 juta. Vinyl itu didapatkan Jokowi dari PM Denmark Lars Lokke Rasmussen. Jokowi diketahui memang penggemar musik genre metal.

"Pemberian berupa barang deluxe box set Metallica judul 'Master of Puppets' telah dilaporkan kepada KPK pada tanggal 7 Desember 2017 dan telah ditetapkan menjadi milik negara melalui SK Nomor 219 Tahun 2018," ujar Direktur Gratifikasi KPK Giri Suprapdiono, Selasa (20/2/2018).

"Uang pengganti barang berupa deluxe box set Metallica judul 'Master of Puppets' senilai Rp 11.079.019 telah diterima KPK," imbuh Giri.

Jadi, bagaimana keputusan soal jersey 10 Argentina, Pak Jokowi?




Simak Juga 'Layaknya Messi, Jokowi Dapat Jersey Nomor 10 dari Presiden Argentina':

[Gambas:Video 20detik]


(jbr/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com