detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 23:46 WIB

Sidang Putusan MK Selesai, Polisi Kembali Buka Jalan Medan Merdeka Barat

Jefrie Nandy Satria - detikNews
Sidang Putusan MK Selesai, Polisi Kembali Buka Jalan Medan Merdeka Barat Polisi memindahkan barrier atau pembatas beton yang menutup Jalan Medan Merdeka Barat. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Kepolisian langsung membuka Jalan Medan Merdeka Barat setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan sengketa hasil Pilpres 2019. Jalan Medan Merdeka Barat hari ini sempat ditutup selama jalannya sidang putusan MK.

Pantauan detikcom di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) pukul 23.30 WIB, tampak petugas memindahkan barrier atau pembatas beton yang menutup Jalan Medan Merdeka Barat. Pembukaan jalan dilakukan petugas beberapa saat seusai sidang putusan MK.

"Dengan mengucap rasa syukur alhamdulillah, malam ini acara di MK selesai dengan aman dan selamat. Kemudian untuk penyekatan atau pengalihan arus mulai kita buka dari MCB (pembatas jalan) untuk mengurangi kepadatan sisi luar," ujar Kasat Lantas Jakarta Pusat Kompol Sri Widodo saat ditemui di lokasi.

Sidang Putusan MK Selesai, Polisi Kembali Buka Jalan Medan Merdeka BaratKasat Lantas Jakarta Pusat Kompol Sri Widodo memantau pemindahan barrier atau pembatas beton yang menutup Jalan Medan Merdeka Barat. (Jefrie Nandy Satria/detikcom)
Setelah selesai membuka pembatas jalan yang menutup jalur di Medan Merdeka Barat, polisi langsung menormalkan kembali lalu lintas di lokasi. Polisi lalu lintas juga berkoordinasi dengan Brimob untuk melepas kawat berduri yang menutup jalur.

"Sekarang kami mulai membuka MCB, mobile concrete barrier, untuk pengamanan. Kemudian nanti setelah MCB baru nanti kita (buka) security barrier atau kawat berdurinya kita cabut juga supaya nanti bisa segera arus lalin kita normalkan," katanya.

"Koordinasinya nanti dengan rekan-rekan Brimob dan ada rekan Sabhara Nusantara. Ada punya (tugasnya) masing-masing. Karena ini prosesnya yang MCB ini agak lama, ya kita awali untuk lebih cepat lebih bagus," lanjutnya.


Polisi mengupayakan kedua arah dari jalur di Jalan Medan Merdeka Barat segera dapat normal kembali. Polisi menargetkan jalur dapat kembali normal pada Jumat (28/6) pukul 01.00 WIB.

"Medan Merdeka Barat sisi barat maupun Medan Merdeka Barat sisi timur itu sudah mulai kami normalkan, maksudnya kami buka. Nanti kalau sudah selesai, baru kita normalkan," ucapnya.


MK Tolak Gugatan Prabowo-Sandi! Simak Videonya:


Simak Video "Hairul Anas: Materi Moeldoko Sebut Kecurangan Bagian dari Demokrasi"
[Gambas:Video 20detik]

(nvl/hri)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com