PDIP: Putusan MK Beri Jokowi-Ma'ruf Legalitas Jadi Presiden-Wapres Terpilih

Arief Ikhsanudin - detikNews
Kamis, 27 Jun 2019 22:34 WIB
PDIP menanggapi hasil sidang putusan MK. (Arief Ikhsanudin/detikcom)
Jakarta - PDIP menanggapi putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan hasil Pilpres 2019. Putusan itu, kata PDIP, membuat pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin memiliki legalitas sebagai presiden-wapres terpilih.

"Dalil yang dituduhkan pihak pemohon tidak meyakinkan karena tidak terpenuhinya bukti autentik yang mengubah hasil menjadikan Pak Jokowi KH Ma'ruf Amin telah memiliki legalitas konstitusional sebagai presiden dan wapres terpilih," ucap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepada wartawan di kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).



Hasto menyebut Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sudah mengucapkan lagi selamat kepada Jokowi-Ma'ruf. Dia menyebut Jokowi akan menempatkan rekonsiliasi dan persaudaraan nasional sebagai prioritas.

"Ibu Megawati Soekarnoputri, sekali lagi, mengucapkan selamat kepada Jokowi-KH Ma'ruf dan rasa bangganya. Kami yakin Pak Jokowi menempatkan rekonsiliasi dan membangun persaudaraan nasional sebagai skala prioritas," ucap Hasto.

Hasto memastikan Jokowi-Ma'ruf akan menjadi presiden-wapres seluruh rakyat Indonesia. Dia menyebut Jokowi akan berdiri di atas seluruh golongan masyarakat.



"Pak Jokowi-KH Ma'ruf jadi presiden-wapres untuk semua tanpa perbedaan pandangan politik seluruh warga negaranya," ujar Hasto.

Sebelumnya, MK menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan putusan ini, pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin tetap memenangi Pilpres 2019.

"Mengadili, menyatakan, dalam eksepsi menolak eksepsi Termohon dan pihak terkait untuk seluruhnya. Dalam pokok permohonan: menolak permohonan Pemohon untuk seluruhnya," ujar Ketua MK Anwar Usman membacakan amar putusan dalam sidang gugatan hasil pilpres di gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat.


Simak Pidato 'Kemenangan' Jokowi-Ma'ruf Pascaputusan MK:

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Wapres Ma'ruf Amin Kenang Jadi Anggota DPRD DKI"
[Gambas:Video 20detik]
(aik/haf)