detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 20:31 WIB

Sidang Putusan Pilpres

MK Pastikan Gugatan Prabowo Soal DPK 5,7 Juta Tak Terbukti

Dwi Andayani - detikNews
MK Pastikan Gugatan Prabowo Soal DPK 5,7 Juta Tak Terbukti Hakim Saldi Isra (kiri)/ (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) membantah materi gugatan Prabowo-Sandiaga soal adanya Daftar Pemilih Khusus (DPK) sebanyak 5,7 juta. MK mengatakan, tim 02 tak bisa membuktikan korelasi penambahan DPK dengan hasil suara peserta Pilpres 2019.

"Dalil pemohon tidak jelas soal bagaimana penambahan apakah DPK menimlbukan pemilih fikti apakah ada pengaruh suara bagi 2 suara pasang calon Pilpres 2019," kata hakim MK Saldi Isra, dalam sidang putusan gugatan Pilpres 2019 di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (27/6/2019).

Saldi mengatakan, tim Prabowo-Sandi juga tak menyertakan rujukan bukti 5,7 juta DPK. Meski tim 02 menyodorkan ahli Jaswar Koto yang membahas soal DPK, tapi keterangan ahli tak bisa meyakinkan mahkamah bentuk kerugian dari hadirnya DPK tersebut.



"Seandainya benar, pemohon tidak membuktikan apakah pemilih fiktif tersebut mengakibat kerugian bagi kedua pasangan calon," sebut Sadli.

Selain itu, jumlah DPK yang didalilkan pemohon juga tidak diterangkan memilih paslon 01 atau 02. Sehingga, Saldi menyatakan, dalil soal DPK sebanyak 5,7 juta tidak bisa dipertimbangkan.

"Mahkamah bependapat dalil pemohon tidak dapat dipertimbangkan," jelas Saldi.


Dalil Suara Prabowo 0, MK: Tidak Terbukti

Simak Video "Jelang Putusan Sidang MK, Ini Harapan Uya Kuya"
[Gambas:Video 20detik]

(rvk/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed