detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 18:20 WIB

KPK Bekali Caleg Terpilih PDIP Asal Sumut Pendidikan Antikorupsi

Khairul Ikhwan Damanik - detikNews
KPK Bekali Caleg Terpilih PDIP Asal Sumut Pendidikan Antikorupsi Wakil Ketua KPK Saut Situmorang (Agung Pambudhy/detikcom)
Medan - KPK memberi pembekalan antikorupsi kepada ratusan caleg terpilih PDI Perjuangan asal Sumut. Caleg terpilih diminta menjaga integritas.

Pembekalan antikorupsi dilakukan Wakil Ketua KPK Saut Situmorang di Hotel JW Marriott, Jalan Putri Hijau, Medan, Kamis (27/6/2019). Saut dalam pembekalan memaparkan penanganan kasus di KPK selama 2004-2018.

KPK, menurut Saut, menangani kasus korupsi yang melibatkan anggota legislatif sebanyak 247 orang, 238 orang dari pihak swasta. Ada juga 22 orang hakim, 4 orang duta besar, dan 2 orang dari kepolisian yang kasusnya ditangani KPK.




"Jadi jangan menambah jumlahnya. Masa kedaluwarsa kasus itu 18 tahun. Jadi jangan sampai, nanti setelah selesai, mau main-main sama cucu, eh bolak-balik dipanggil ke Kuningan," kata Saut .

Saut kemudian mengapresiasi parpol yang memfasilitasi pembekalan antikorupsi terhadap caleg terpilih. Para caleg terpilih diharapkan bisa menjaga integritas dengan menolak segala jenis suap dan menjauhi tindak pidana korupsi.

"Operasi tangkap tangan itu merupakan salah satu saja dari tugas KPK, ada fungsi pencegahan, koordinasi, supervisi, dan monitoring. Jadi bantu mencegah korupsi. Tolak suap maupun gratifikasi. Jika tidak bisa tolak, laporkan gratifikasinya ke KPK," kata Saut.

Selain itu, para caleg terpilih yang sudah mendapat pembekalan antikorupsi, menurutnya, harus menjadi motor pencegahan korupsi. Namun, jika ternyata justru menjadi pelaku korupsi, sudah sepatutnya mendapat hukuman yang lebih berat.

Inisiator kegiatan pembekalan yang juga salah satu caleg terpilih untuk DPR, Sihar Sitorus, menyebutkan ada 193 kader di Sumut yang terpilih menjadi anggota legislatif. Perinciannya, 7 orang di tingkat DPR, 19 orang DPRD provinsi, dan 167 orang untuk DPRD kabupaten dan kota.

Simak Video "Calon Pimpinan KPK Harus Berintegritas dan Tak Bisa Diatur"
[Gambas:Video 20detik]

(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed