detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 17:19 WIB

Abdullah Hehamahua Imbau Massa Kawal MK Bubar dengan Damai

Farih Maulana Sidik - detikNews
Abdullah Hehamahua Imbau Massa Kawal MK Bubar dengan Damai Abdullah Hehamahua imbau massa bubar dengan damai. (Farih Maulana S/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Eks penasihat KPK Abdullah Hehamahua mengajak massa aksi kawal MK agar mengakhiri aksinya secara tertib. Dia juga mengajak massa untuk membersihkan jalan dari sampah.

"Saudara-saudaraku, mari kita bubarkan diri dengan damai," kata Abdullah dari atas panggung mobil orasi di depan kantor Kementerian Pertahanan, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019) sore hari.


Abdullah merupakan koordinator aksi Gerakan Kedaulatan Rakyat (GKR) dalam aksi kawal MK ini. Dia juga mengajak massa menempuh perjalanan kembali ke rumah dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Esa.

"Jangan lupa sampah-sampah dibersihkan, selama perjalanan pulang tetap perbanyak menyebut nama Allah," kata Hehamahua.


Massa berangsur membubarkan diri pada sore hari ini. Mereka berjalan mengarah ke Patung Kuda (Arjuna Wijaya), termasuk mobil orasi.

Massa terlihat bergerak ke arah Jalan Budi Kemuliaan hingga Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat. Mereka membubarkan diri dengan tertib. Tampak sebagian massa ikut membersihkan jalan membantu pasukan oranye (PPSU).

Sebelumnya, massa menggelar aksi kawal MK sejak pagi tadi. Zikir dan salat berjemaah turut digelar dalam aksi ini.

Polisi menegaskan aksi kawal MK di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, tidak boleh melebihi pukul 18.00 WIB. Wakapolres Jakarta Pusat AKBP Arrie Ardia meminta seluruh masyarakat tetap menjaga ketertiban hingga putusan dibacakan.


MK Akui Ada C1 di Nias Selatan Tidak Terdistribusi, Namun...:

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/idh)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed