detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 13:01 WIB

Jokowi Diberi Jersey Timnas Argentina Nomor 10, Ini Kata KPK

Ibnu Hariyanto - detikNews
Jokowi Diberi Jersey Timnas Argentina Nomor 10, Ini Kata KPK Jokowi dapat jersey timnas Argentina dari Mauricio Macri (Foto: Andhika Prasetya/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat kenang-kenangan berupa jersey Timnas Argentina nomor 10 dari Presiden Argentina Mauricio Macri. Apa kata KPK?

Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mengatakan Jokowi memiliki dua opsi terkait pemberian jersey tersebut. Pertama, Jokowi bisa membayar ke negara seharga barang tersebut atau kedua, menyerahkan ke KPK untuk disita oleh negara dan nantinya dilelang.

"Kalau Pak Jokowi suka dengan jersey tersebut tinggal membayar ke negara senilai harga (barang) tersebut atau diserahkan ke KPK menjadi milik negara nanti kapan-kapan dilelang oleh KPK," kata Saut Situmorang kepada wartawan, Kamis (27/6/2019).



Saut mengatakan hal itu berkaca pada pengalamannya saat menerima kain tenun tradisional. Menurutnya, saat melaporkan ke bagian Unit Gratifikasi KPK, dirinya diberi dua pilihan tersebut.

"Dugaan saya nilainya sama juga dengan yang pernah terjadi pada saya diberi bahan tenun traditional oleh seseorang lalu saya laporkan ke bagian Gratifikasi. Lalu oleh Unit Gratifikasi saya diminta memilih mau saya pakai (membayar seharga bahan tersebut lalu uangnya disetor ke negara) atau di sita untuk negara," ujar Saut.

Meski demikian, Saut percaya kepada Jokowi akan melaporkan itu ke KPK. Sebab, kata Saut, Jokowi sebelumnya selalu melaporkan sendiri ke KPK jika menerima pemberian dari seseorang.

"Bercermin sebelumnya dan menunjukan biasanya Pak Jokowi dengan sendirinya melaporkan," sambungnya.



Diberitakan sebelumnya, Jokowi bertemu dengan Presiden Mauricio Macri. Jokowi bertukar kenang-kenangan, dia mendapat jersey Albiceleste dengan nomor 10. Sementara Macri mendapatkan bola sepak dari Jokowi.

Momen tersebut terjadi saat Jokowi bertemu dengan Macri di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (26/6) kemarin. Jersey bertuliskan nama 'Jokowi' tersebut diserahkan Macri saat keduanya memberikan keterangan bersama usai pertemuan.


Layaknya Messi, Jokowi Dapat Jersey Nomor 10 dari Presiden Argentina:

[Gambas:Video 20detik]

Jokowi Diberi Jersey Timnas Argentina Nomor 10, Ini Kata KPK





Simak Video "Layaknya Messi, Jokowi Dapat Jersey Nomor 10 dari Presiden Argentina"
[Gambas:Video 20detik]

(ibh/mae)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed