detikNews
Kamis 27 Juni 2019, 12:28 WIB

Denny Bicara Perjalanan Sidang MK, Habiskan Miliaran untuk Fotokopi

Zunita Putri - detikNews
Denny Bicara Perjalanan Sidang MK, Habiskan Miliaran untuk Fotokopi Denny Indrayana (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Jakarta - Denny Indrayana menyinggung soal banyaknya penggunaan kertas dalam proses persidangan di Mahkamah Konstitusi (MK). Kuasa hukum dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno itu pun mengatakan timnya menghabiskan miliaran rupiah untuk fotokopi bukti.

"Saya bukannya menghitung, saya kan bukan bendahara, kita kan kuasa hukum, bagian penghitungannya kan ada sendiri. Tetapi kan memang miliaran, miliaran ya," kata Denny di MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (27/6/2019).

Untuk itu, Denny berpikir sebaiknya ke depan pengadilan dapat mengupayakan digitalisasi bukti. Cara itu disebutnya dapat mengurangi pengeluaran sekaligus penggunaan kertas.


"Karena itu, penting untuk dipikirkan ke depan hal-hal begini. Salah satunya adalah bisa mendigitalisasi bukti-bukti. Jadi nggak perlulah kita mengkopi sedemikian banyak kertas," kata Denny.

"Tidak ramah lingkungan karena kertas kita tahu dari kayu dan berarti kita merusak lingkungan, dan tidak efisien karena toh dengan waktu yang ada, majelis juga tidak punya waktu untuk membaca semua dokumen itu secara spesifik," imbuh Denny.

Sidang putusan sengketa pilpres tersebut akan digelar pukul 12.30 WIB. Tim hukum Prabowo-Sandiaga dalam permohonan gugatan hasil Pilpres 2019, salah satunya, meminta MK mendiskualifikasi capres-cawapres Jokowi-Ma'ruf Amin. Prabowo-Sandiaga dalam petitumnya juga memohon ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2019.



Tonton video Massa Aksi Kawal MK Gelar Tahlil di Patung Kuda:

[Gambas:Video 20detik]

Denny Bicara Perjalanan Sidang MK, Habiskan Miliaran untuk Fotokopi


Simak Video "MK Beri Toleransi Tim Prabowo Kumpulkan Bukti hingga Jam 4 Sore"
[Gambas:Video 20detik]

(dhn/fdn)
FOKUS BERITA: Putusan MK Pilpres 2019
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed